Wow, Total Denda Persib Rp345 Juta, Umuh pun Heran!

Wow, Total Denda Persib Rp345 Juta, Umuh pun Heran!
Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar. (Muhammad Ginanajr)

INILAH, Bandung - Denda Persib Bandung dalam mengarungi Liga 1 2019 terus bertambah. Kali ini total yang didapatkan Maung Bandung sebanyak Rp 345 juta. 

Diawali saat menjamu Tira Persikabo, 18 Juni lalu. Persib diharuskan membayar Rp 50 juta akibat tingkah laku buruk suporternya dan kasus pelanggaran disiplin dikenai denda sebesar Rp 20 juta. 

Lalu Persib kembali harus menerima denda saat menjamu Bhayangkara FC, 30 Juni lalu akibat ulah suporternya yang terbukti melakukan pelemparan botol ke pihak kepolisian dengan besaran denda Rp 75 juta. 

Saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya, 5 Juli, Persib mendapatkan denda sebesar Rp 150 juta. Rp 100 juta karena ulah suporter fanatiknya menyalakan kembang api atau smoke bomb dan Rp 50 juta karena mengoleksi lima kartu kuning. 

Terbaru, Persib mendapatkan tambahan denda Rp 50 juta setelah di laga melawan PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, 21 Juli lalu, kembali mengoleksi lima kartu kuning.

Manajer Persib, Umuh Muchtar mengaku terheran-heran dengan denda yang dialami timnya. Apalagi jumlahnya terus bertambah di setiap pertandingan yang dijalani. 

"Saya juga tidak mengerti dengan Pak Zaenuri (Komisaris Utama PT PBB) bagaimana dengan denda ini. Semua orang bisa lihat, yang seharusnya tidak dapat kartu kuning, malah dapat. Silahkan, biarkan orang-orang yang menilai," ujar Umuh di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (22/7/2019). 

Menurut Umuh, denda sebesar Rp 345 juta ini tidaklah sedikit. Bahkan bisa saja terus bertambah lantaran Liga 1 2019 masih menyisakkan banyak pertandingan. 

"Tapi kita tidak tahu juga kemana itu putaran uang dendanya," katanya.

Persib sendiri memang tak bisa lepas dari denda. Bahkan hampir tiap musim harus menerima denda. Seperti pada musim 2017 lalu, Persib mendapatkan sanksi berupa denda dengan total 1,4 milyar. 

Di musim selanjutnya sanksi yang dialami Persib lebih parah. Meski hanya sekitar Rp 700 juta, Persib harus diusir bermain laga kandang diluar pulau Jawa tanpa penonton akibat beberapa oknum suporternya menewaskan suporter Persija, saat kedua tim bertemu di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung. (Muhammad Ginanjar)