Halo Lulusan SMK Jabar, Jatah Magang di Jepang Naik Tiga Kali Lipat

Halo Lulusan SMK Jabar, Jatah Magang di Jepang Naik Tiga Kali Lipat

INILAH, Bandung – Kuota lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dapat mengikuti program magang menjadi nelayan di Ishinomaki, Jepang, bertambah tiga kali lipat. 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Jawa Barat, Jafar Ismail mengatakan, pihaknya sejak 2007 menjalin kerja sama saat ini sudah ada 22 angkatan lulusan SMK yang magang menjadi nelayan di Jepang. 

"Lama magangnya kan selama 3 tahun, kemudian sekarang ada aturan baru yang makin mempermudah lulusan SMK kita untuk bekerja di sana," ujar Jafar, Selasa (23/7/2019).

Menurut Jafar, pihak Ishinomaki meminta Pemprov Jabar untuk meningkatkan jumlah nelayan yang akan magang sebanyak tiga kali lipat. Jumlah itu berdasarkan kebutuhan yang diajukan oleh pihak Jepang tersebut. 

"Karena mereka akan membuka lapangan kerja atau menambah kebutuhan nelayan kita yang ada di sana menjadi tiga kali lipat. Kalau sekarang sudah ada 100 orang nanti akan ditambah menjadi 300 orang yang akan ada di Jepang," paparnya.

Jafar menyampaikan, permintaan peningkatan jumlah lulusan SMK asal Jabar yang magang menjadi nelayan tersebut bukan tanpa alasan. Mengingat, nelayan dari Jabar dikenal sebagai pekerja keras dan penurut. 

"Kemudian tidak ada banyak masalah dan itu menjadi catatan tersendiri bagi mereka. Sehingga mereka sekarang meminta kepada Jabar untuk menambah," katanya. (rianto nurdiansyah)