50 Tahun Hilang, Kapal Selam Perancis Ditemukan

50 Tahun Hilang, Kapal Selam Perancis Ditemukan
Foto: Net

INILAH, Paris – Puing-puing kapal selam Perancis yang hilang lebih dari 50 tahun lalu, ditemukan hampir 45 kilometer dari markas kapal itu di pelabuhan Toulon. Lima puluh dua pelaut berada di atas kapal selam Minerve ketika kapal itu menghilang pada Januari 1968.

"Ini sebuah kesuksesan, melegakan dan prestasi teknis," kata Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly dalam cuitannya di Twitter, seperti dikutip dari VOA, Selasa (23/7/2019). "Saya memikirkan keluarga mereka yang telah menunggu begitu lama bagi penemuan ini."

Parly yang mengumumkan misi pencarian baru awal tahun ini mengatakan, keberhasilan itu mungkin berkat "kemajuan teknologi baru-baru dalam eksplorasi bawah laut, termasuk penggunaan sonar baru dan drone penelitian."

Pihak berwenang Perancis belum pernah mengumumkan penyebab kecelakaan terkait hilangnya kapal selam Minerve.

Para ahli mengira, mungkin karena masalah dengan kemudi, tabrakan dengan kapal lain, ledakan rudal atau torpedo, atau mungkin karena kesalahan sistem pasokan oksigennya.

Parly mengatakan upacara akan diadakan di laut untuk keluarga para pelaut yang tewas. Bangkai kapal itu akan dibiarkan tetap di tempatnya, berfungsi sebagai tempat peristirahatan terakhir para pelaut, kata angkatan laut Perancis. (INILAHCOM)

Loading...