Begini Cara Ade Yasin Turunkan Angka Kemiskinan di Bogor

Begini Cara Ade Yasin Turunkan Angka Kemiskinan di Bogor

INILAH, Ciawi – Bupati Ade Yasin menegaskan akan menekan angka kemiskinan selama periode kepemimpinannya. Janji itu dia sampaikan saat sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 kepada segenap Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TPAD).

Politisi PPP ini menerangkan dalam menekan angka kemiskinan itu, salah satu caranya adalah pembangunan insfrastruktur di desa-desa dengan ploting Rp1 miliar pertahun perdesa.

“Pembangunan insfrastuktur memiliki multiefek dalam upaya meningkatkan taraf ekonomi masyarakat hingga ke depan bisa menekan angka kemiskinan dari angka 9% menuju 8%. Lalu agar insfrastruktur jalan bagus, kami juga akan menertibkan usaha tambang ilegal karena banyaknya jalan rusak dilalui oleh truk-truk tambang,” terang Ade kepada wartawan, Selasa (23/7).

Dia menambahkan dengan melakukan pembangunan insfrastruktur yang maksimal, pemerintah desa dengan masyarakatnya bisa membangun desa wisata hingga desa memiliki pendapatan asli desa.

“Ada 416 desa yang harus dibangun insfrastrukturnya hingga mendukung parawisata desa, lalu tercipta lowongan kerja dan mengurangi angka pengangguran. Mulai tahun 2020, kami akan memberikan anggaran Rp1 miliar perdesa pertahun,” tambahnya.

Agar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 mendatang mencukupi, Ade menjelaskan jajarannya akan mengevaluasi program kerja di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kami akan pangkas anggaran yang tidak dirasakan langsung oleh masyarakat seperti pembangunan kantor, pelatihan aparatur, perjalanan dinas luar negeri atau daerah dan lainnya lalu memperuntukkan anggaran tersebut ke program kerja yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” jelas Ade. (reza zurifwan)