Budayakan Tertib Administrasi, Disdukcapil Kota Bandung Gelar GISA

Budayakan Tertib Administrasi, Disdukcapil Kota Bandung Gelar GISA
Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bandung Popong Nuraeni. (Istimewa)
Budayakan Tertib Administrasi, Disdukcapil Kota Bandung Gelar GISA

INILAH, Bandung - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung terus berupaya membangunkan kesadaran masyarakat terkait tertib administrasi melalui Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). Acara ini digelar di Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung, pada Selasa (23/7/2019).

Kepala Dinas Disdukcapil Kota Bandung Popong Nuraeni mengatakan, ada empat target dari GISA, pertama, pentingnya dokumen kependudukan, kedua, pentingnya pemutakhiran data kependudukan.

Ketiga, kesadaran akan pentingnya pemanfaatan data kependudukan dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan.

"Imigrasi Kota Bandung termasuk kecil, 0,006 persen, maka harus wawancara dari pengendalian penduduk, sedangkan penduduk terdata berdasarkan registrasi terkoneksi dengan sistem," ujar Popong.

Bagi penduduk yang tidak teregister tidak dapat mengakses pelayanan publik, seperti kesehatan, BPJS, pendidikan, pekerjaan, semua yang berhubungan dengan KTP, KK, dan Akta Kelahiran.

"Mungkin mereka mendapatkan KTP, tapi itu KTP bodong, tidak bisa dimain-mainkan, semua sudah berbasis IT dan aplikasi, tidak mengikuti aturan maka tidak dapat mengakses semua pelayanan publik," tegasnya.

Popong menambahkan, tujuan dari GISA ini sendiri ialah implementasi dari Undang-Undang 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

"Untuk melengkapi dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, Disdukcapil Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan lomba senam #GISA antar Karang Taruna Kecamatan se-Kota Bandung yang diadakan di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung," paparnya.

Sebelumnya, Popong menambahkan, telah meluncurkan pilot projecting #GISA di RW mewakili 5 kecamatan yaitu Kecamatan Bojongloa Kaler, Kelurahan Sukasih, RW 003; Kecamatan Sukajadi, Kelurahan Sukabungah, RW 010.

Kemudian, Kecamatan Astana Anyar, Kelurahan Karang Anyar, RW 001; Kecamatan Antapani, Kelurahan Antapani Kulon, RW 002; Kecamatan Bandung Kidul, Kelurahan Batununggal, RW 012. (Okky Adiana)