Disbudpar Kota Bandung Siapkan Kegiatan Nasional dan Internasional

Disbudpar Kota Bandung Siapkan Kegiatan Nasional dan Internasional
Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari. (Net)

INILAH, Bandung - Sejumlah kegiatan bertaraf nasional maupun internasional disiapkan di kota berjuluk Parisj van Java ini.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Bandung terus melakukan komunikasi dengan sejumlah agen travel dan asosiasi travel, untuk membuat paket wisata kegiatan di Kota Bandung.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Dewi Kaniasari mengatakan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan agen maupun asosiasi travel terkait paket wisata kegiatan ini. Terutama, untuk 2020 yang di Kota Bandung akan banyak sekali kegiatan.

Dikatakannya, dengan adanya paket wisata kegiatan tersebut, maka para wisatawan sebelum kembali ke daerah atau negara asalnya, dapat diajak untuk menikmati objek wisata di Kota Bandung.

"Jadi pasca-event, wisatawan sebelum pulang ke daerah atau negaranya masing-masing, bisa jalan-jalan dulu menikmati pariwisata yang ada di Kota Bandung," katanya pada Selasa (23/7/2019).

Dewi menuturkan, selain dari asosiasi travel, dukungan pelaku industri pariwisata lain juga dibutuhkan. Terutama dalam meningkatkan kualitas, sehingga semakin banyak ragam pariwisata yang dapat ditawarkan kepada para wisatawan.

"Masyarakat Kota Bandung juga sekarang antusias akan berbagai event, baik nasional atau internasional. Karena, branding Kota Bandung tidak hanya di Indonesia saja," ujarnya.

Ia menerangkan yang disasar pihaknya, terutama bagi agent travel yang menawarkan paket wisata inbound, artinya mendatangkan wisatawan dari luar ke Kota Bandung. "Bukan sebaliknya yang malah membawa warga Kota Bandung untuk berwisata keluar," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga saat ini sedang mengembangkan jenis wisata baru yakni wisata kampung dan wisata halal. "Wisata kampung itu letaknya di Kelurahan Braga. Dengan wisata kampung ini, kami berupaya menonjolkan unsur masyarakat dalam pengembangan sektor pariwisata," terangnya.

Selain wisata kampung, Pemkot Bandung juga sedang menyiapkan wisata halal yang nantinya akan berlokasi di area Gelap Nyawang, berdekatan dengan Kampus ITB. "Rencananya prototipe ini bisa diluncurkan pada bulan November," tambahnya. (Okky Adiana)