DAM Wadahi Mekanik dan Service Advisor Andalan

DAM Wadahi Mekanik dan Service Advisor Andalan
Foto: Doni Ramdhani

INILAH, Bandung - Untuk kesekian kalinya, PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar Honda West Java Technical Skill Contest. Kontes tersebut diikuti 547 servis resmi AHASS se-Jabar.

“Kontes ini ditujukan bagi para mekanik dan service advisor untuk kategori motor komuter. Ini dilakukan untuk tujuan kepuasan konsumen. Kompetisi ini menghasilkan para mekanik andalan,” kata General Manager Technical Service DAM Denny Budiman di sela kegiatan, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, kompetisi antarmekanik ini memiliki korelasi terhadap brand sepeda motor Honda. Terlebih, para mekanik dan service advisor itu merupakan frontline AHASS yang bergerak di produk jasa servis.

“Dengan adanya kontes ini, diharapkan semua mekanik dan service advisor di seluruh AHASS untuk selalu mengasah pengetahuan dan keterampilannya, sehingga mampu memberi layanan purnajual yang terbaik bagi konsumen di tempatnya masing-masing,” ujarnya. 

Dia menuturkan, sebagai syarat mutlak peserta itu mereka wajib mengantongi sertifikat technical training level (TTL) tingkat II. Di AHASS sendiri, para mekanik itu dipastikan memiliki TTL tingkat I-III. Tingkatan itu disesuaikan dengan standarisasi internasional.

Khusus mengenai kontes, Denny menyebutkan keseluruhan itu diikuti 3.571 mekanik dan 491 service advisor di 547 AHASS se-Jabar.  Babak ke-1 penyisihan dilakukan dengan metode online test. Selanjutnya, pada penyisihan babak ke-2 meloloskan 50 mekanik dan 35 service advisor.

“Nantinya, pada acara final kontes regional ini diikuti 20 finalis mekanik dan 15 service advisor,” tambahnya.

Semua peserta diuji kemampuan teknik yang meliputi teori, ujian kerja bangku berupa analisa teknik, ujian trouble shooting, periodical maintenance, dan time atack. Dia menyebutkan, penilaian dititikberatkan pada proses bukan hanya hasil semata. Dua aspek penilaian utama itu yakni kecepatan dan kualitas.

Nantinya, mekanik dan service advisor yang berhasil meraih juara pertama tingkat regional itu akan mewakili Jabar dalam kontes tingkat nasional yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) di Kota Semarang pada 19-21 Agustus 2019 mendatang.

Loading...