Pencak Silat Harus Dituangkan Dalam Perda

Pencak Silat Harus Dituangkan Dalam Perda
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Megamendung - Pencak silat yang konon berasal dari Cimande, Caringin Kabupaten Bogor diharapkan maju baik sebagai budaya maupun olah raga. Pemkab Bogor selain harus memasukkan Pencak Silat dalam Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) juga dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda).

"Dengan masuk dalam PPKD, Pencak Silat juga dibuatkan Perda agar olahraga bela diri tradisioal ini mendapatkan perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan," kata Staf Khusus Subag Sistem Pendataan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Wanti Hidayah kepada wartawan, Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, penyusunan Perda dan PPKD tersebut mengharuskan adanya koordinasi sejumlah pihak. Setidaknya, penyusunan itu dibahas perwakilan Dinas Kebudayaan dan Parawisata, Dinas Kependidikan, Dinas Pemuda dan Olah raga, serta budayawan.

"Usulan program kerja maupun kebijakan harus dari masyarakat atau pelaku budaya yang ditampung atau disusun oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dengan masuk dalam Perda, kami harap Pencak Silat masuk dalam muatan lokal khusus hingga siswa SD dan SMP wajib menekuni olah raga beladiri asli Kabupaten Bogor ini," terangnya.

Wanti menuturkan, pencak silat sebagai kebudayaan dan olah raga malah menjadi keuntungan karena kegiatannya bisa didukung Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Parawisata, Dinas Pemuda dan Olah raga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Pariwisata.

"Pencak silat itu tidak bisa dipisah sebagai kebudayaan maupun olah raga beladiri. Bahkan, kegiatan pencak silat bisa besar karena didanai oleh tiga SKPD ataupun dua Kementerian," tuturnya.

Sementara itu, Kasie Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Elly Karim menjelaskan mengenai Perda pencak silat itu jajarannya masih menggodok bersama DPRD Kabupaten Bogor. Sedangkan, perihal PPKD masih akan dibahas dengan para budayawan.

"Kami masih menggodok Perda pencak silat ini dengan harapan kebudayaan dan olah raga ini bisa lebih maju kedepannya. Pemkab Bogor dengan menggandeng biro travel wisata mulai tahun ini juga sudah mulai 'menjual' Silat Cimande dalam paket wisata olahraga," jelas Elly. (Reza Zurifwan)