Kemendikbud Kembali Gelar Gala Siswa Indonesia

Kemendikbud Kembali Gelar Gala Siswa Indonesia

INILAH, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar kejuaraan sepakbola khusus pelajar Gala Siswa Indonesia (GSI) 2019. Perhelatan ini kembali digelar untuk yang keduakalinya karena pada tahun lalu dianggap sukses melahirkan pelajar yang menjadi kader pemain sepakbola Indonesia.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Supriano yang memprakarsai pagelaran GSI pada tahun lalu mengatakan, GSI merupakan wadah bagi para pelajar tingkat SMP Indonesia yang ingin menekuni bidang olahraga sepakbola sekaligus membangun sikap sportif, kolaboratif atau gotong-royong, percaya diri, dan nasionalisme.

Dia menjelaskan, GSI yang merupakan bagian dari pendidikan olahraga di luar sekolah diharapkan mampu menjadi jawaban pembentukan manusia berkarakter, cerdas, sekaligus menjawab revolusi mental atau nawacita.

"GSI senapas dengan program Pendidikan Penguatan Karakter (PPK). Di antara tujuan pendidikan yakni mencerdaskan kehidupan berbangsa yang diharapkan menghasilkan bangsa dengan karakter baik," kata Supriano dalam Rapat Koordinasi GSI Kedua di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Sementara itu, Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Soewarno mengatakan, pelaksanaan GSI dinilai cukup berhasil mengader pelajar di bidang sepakbola dan berharap dapat dilakukan di bidang olahraga lainnya yang berpotensi besar menghadirkan prestasi bagi Indonesia di kancah dunia. 

"Khususnya pada bidang renang dan atletik," kata Soewarno. (Daulat F Yanuar)