Jembatan Gantung Geblug Dibangun, Warga Dua Desa Semringah

Jembatan Gantung Geblug Dibangun, Warga Dua Desa Semringah
(Foto: Zainulmukhtar)

INILAH, Garut- Setelah sempat dihantui kekhawatiran dengan kondisi jembatan Geblug di Kampung Geblug RT 02 RW 10 Desa Cibiuk Kale,r Kecamatan Cibiuk, kini setidaknya warga dua desa di dua kecamatan bisa bergembira. Ada rencana perbaikan jembatan penghubung yang melintasi sungai Cimanuk tersebut.

Pembangunan jembatan menghubungkan Desa Cibiuk Kaler Kecamatan Cibiuk dengan Desa Sindangsuka Kecamatan Cibatu itu dimulai pada 22 Juli 2019. Pengerjaannya melibatkan unsur gabungan TNI Angkatan Udara melalui Batalyon Komando 461 Pasukan Khas (Paskhas) bekerja sama dengan Tim Vertical Rescue Indonesia (VRI), pecinta alam, serta warga Desa Cicibuk Kaler, dan Desa Sindangsuka.

Jembatan gantung sepanjang 60 meter itu merupakan salah satu sarana vital warga Desa Cibiuk Kaler, dan Desa Sindangsuka bagi aktivitas sosial ekonomi mereka. Sayangnya keberadaan jembatan gantung berbahankan bambu sebagai alas itu kurang terperhatikan. Sehingga kerusakan yang terjadi pada jembatan melintasi sungai terbesar di Garut itu tak segera mendapatkan perhatian.

Kerusakan terjadi akibat bambu-bambunya mulai keropos tak pelak membuat jembatan tersebut rentan terjadi kecelakaan. Terlebih jarak jembatan dengan permukaan air sungai yang airnya deras itu cukup tinggi dengan di arah hilirnya terdapat bebatuan berukuran besar.

Menurut Komandan Batalyon Komando 461 Paskhas Letkol Pas Togap M Siburian, pembangunan jembatan Geblug diperkirakan selesai pada 29 Juli 2019, bertepatan Hari Bhakti TNI AU ke-72.

“Kami menerjunkan satu pleton anggota Paskhas untuk mengerjakan pembangunan jembatan ini,” ujarnya, Kamis, (25/7/2019).

Komandan VRI Tedi Ixdiana melalui perwakilan VRI Garut Oman Rusmana menyebutkan,  pembangunan jembatan Geblug menggunakan deadman berbahan batu alam yang dibenamkan dalam tanah sebagai pancangnya, dan beralaskan papan. Sehingga jembatan akan kuat dilintasi orang maupun kendaraan roda dua.

“Pembangunan jembatan Geblug ini merupakan jembatan ke-76 dari target sebanyak seribu jembatan akan dibangun VRI di seluruh wilayah Indonesia. Untuk di wilayah Garut,  pembangunan jembatan ini yang ke-15,” katanya.

Kepala Desa Cibiuk Kaler Enggis Erawan pun menyambut baik, dan menyatakan terima kasihnya atas bantuan semua pihak, khususnya Batalyon Komando 461 Paskhas, untuk pembangunan jembatan Geblug tersebut.

“Jembatan ini sangat vital bagi mobilitas warga. Terutama warga Cibiuk Kaler dengan warga Sindangsuka,” katanya diamini Camat Cibatu Sardiman Tanjung, dan Kapolsek Cibiuk Iptu Masno.(Zainulmukhtar)