Musik Tradisi ala Budi Dalton dan Orokaya “The Rhytm Of Sunda” Pikat Warga Swedia

Musik Tradisi ala Budi Dalton dan Orokaya “The Rhytm Of Sunda”  Pikat Warga Swedia
FotoL Istimewa
Musik Tradisi ala Budi Dalton dan Orokaya “The Rhytm Of Sunda”  Pikat Warga Swedia
Musik Tradisi ala Budi Dalton dan Orokaya “The Rhytm Of Sunda”  Pikat Warga Swedia

INILAH, Kungsträdgården, Swedia – Ribuan masyarakat Swedia terkesima dengan alunan musik tradisi yang dibawakan Budi Dalton bersama Orokaya” The Rhythm of Sunda”.  Musisi asal Kota Bandung ini tampil dalam Kampung Indonesia, Kungsträdgården, pada 26-27 Juli 2019.

Pertunjukan Budi Dalton dan Orakaya sangat menghibur sehingga suasana riuh oleh tepuk tangan penonton. Penampilan mereka dibuka dengan Rajah Bubuka diiringi Tarawangsa. Budi Dalton mengucapkan beberapa rajah untuk memaknai bahwa dalam setiap acara budaya Sunda selalu dibuka dengan “Rajah Bubuka” sebagai ucapan rasa syukur dan doa pengharapan. Kemudian meminta izin dan memohon keselamatan kepada Yang Maha Kuasa selama acara berlangsung.

Para penonton yang sebagian besar warga negara Swedia nampak terkesima dengan alunan Tarawangsa ini. Penonton terhentak ketika alunan lagu Samba Kaya, Janger, Rio Funk, dibawakan secara berturut turut penuh semangat dengan intrument tradisi nusantara.

Ada kejutan tersendiri saat penyanyi senior Euis Darliah ikut berkolaborasi bersama Budi Dalton membawakan lagu “Apanya Dong”. Para penonton Indonesia yang hadir ikut benyanyi bersama lagu yang pernah hits di era akhir tahun 80-an.

Euis Darliah sudah tinggal di Swedia sejak 1989. Dia terlihat antusias saat berkolaborasi dengan musisi tradisi dari Tanah Sunda.

“Ini merupakan penampilan pertama di Swedia dan merupakan kesempatan berharga, terutama sambutan dari kedutaan Indonesia yang ada di Swedia,”  ungkap Budi Dalton.

Budi mengaku lebih terapresiasi ketika Dubes Indonesia untuk Swedia Bagas Hapsoro ikut berkolaborasi dengan Orokaya dan Budi Dalton membawakan sejumlah lagu.

Bagas Hapsoro mengatakan, Kampung Indonesia menjadi ajang  promosi turis Indonesia kepada masyarakat Swedia. Dari sektor pariwisata, turis asal Swedia pada tahun 2017 sebanyak 51.417 orang atau meningkat 11,94 persen dari tahun 2016 yang tercatat 45.934 orang.

"Kami berharap tahun ini meningkat menjadi 53 ribu pelancong," ujarnya. (*)

Loading...