Ubah Mindset ASN Untuk Jalankan Bogor Berlari

Ubah Mindset ASN Untuk Jalankan Bogor Berlari
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Wali Kota Bogor Bima Arya didampingi Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk mengubah mindset agar program Bogor Berlari bisa berjalan. 

Hal itu disampaikan Bima dalam rangkaian Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pemkot Bogor 2019 di Jeep Station Indonesia (JSI) Resort, Jalan Cikopo Selatan, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Senin (29/07/2019).

Kegiatan Rakerda Pemkot Bogor dilaksanakan selama dua hari dimulai 29 Juli 2019 hingga 30 Juli 2019. Sejumlah agenda dipersiapkan bagi 220 peserta Rakerda Pemkot Bogor 2019, salah satunya peserta jalan sehat menyusuri kawasan sekitar JSI bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim serta Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pelaksanaan Rakerda kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yang terkesan formal dan seremonial.

"Tahun ini kami ingin rakerda yang dilaksanakan memiliki arti dan makna yang lebih dari sebelumnya," kata Bima Arya di hadapan peserta.

Bima melanjutkan, pembukaan Rakerda diwarnai pelaksanaan jalan sehat yang dilanjut kegiatan outbound. Kegiatan itu pada esensinya untuk memupuk kebersamaan serta teamwork jajaran Pemkot Bogor dalam mendukung pelaksanaan program Bogor Berlari.

"Kata kunci untuk menghadapi tantangan yang ada, baik internal maupun eksternal adalah mindset. Kita harus merubah mindset (pola pikir-red) untuk mendukung program Bogor Berlari, topik utama yang coba kita tanamkan adalah merubah mindset," terang Bima.

Bima juga mengatakan, kedepan dirinya mengajak serta mengharapkan seluruh jajaran Pemkot Bogor agar bekerja secara maksimal untuk warga Kota Bogor bukan bekerja untuk Wali Kota atau pimpinan lainnya.

"Ya harus bekerja untuk warga Kota Bogor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan (Adpem) Setda Kota Bogor, Adi Novan menerangkan, Rakerda Pemkot Bogor tahun 2019 dikemas berbeda dan terlihat lebih santai dibanding Rakerda sebelumnya. 

Beberapa materi yang bakal dibahas diantaranya RPJMD 2019-2024, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan kepegawaian khususnya Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) serta penguatan peran kelurahan yang akan disampaikan para narasumber internal dari Pemkot Bogor, yakni Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor Hanafi, Kepala Bappeda Kota Bogor Erna Hernawati dan Kepala BKPSDA Kota Bogor M Taufik.

"Melalui Rakerda Pemerintah Kota Bogor ingin menyamakan persepsi dan arah kebijakan. Selain itu juga sebagai evaluasi, perumusan langkah pelaksanaan kebijakan dan untuk memperkuat motivasi dan kolaborasi," pungkasnya. (Rizki Mauludi)