65 Tewas Dibunuh Militan Boko Haram

65 Tewas Dibunuh Militan Boko Haram
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta--Sedikitnya 65 orang tewas dibunuh oleh kelompok Boko Haram dalam sebuah acara pemakaman di Nigeria timur laut, demikian VOA, Senin (29/7/2019) mengutip keterangan pejabat setempat.

"Enam puluh lima orang tewas dan 10 terluka," kata Muhammed Bulama, kepala pemerintah setempat.

Bulama mengatakan dia menduga serangan itu merupakan balasan atas pembunuhan 11 pejuang Boko Haram oleh penduduk desa dua pekan lalu.

Pekan lalu menandai 10 tahun kebangkitan pemberontakan Boko Haram di Nigeria. Pemberontakan itu telah menewaskan lebih 30.000 orang, menyebabkan jutaan orang mengungsi dan menciptakan salah satu krisis kemanusiaan terbesar di dunia. Para ekstremis itu diketahui kerap menculik anak-anak sekolah perempuan serta memaksa pemuda pemudi melakukan aksi bom bunuh diri di pasar, masjid dan tempat ramai lainnya.

Kelompok pemberontak itu, yang mengusung ideologi Islamis yang ekstrem dan menentang pendidikan gaya Barat, telah menentang klaim pemerintahan Presiden Muhammadu Buhari bahwa pemberontakan telah dihancurkan. Kekerasan juga telah melebar ke negara tetangga, seperti Chad, Niger dan Kamerun. [Inilah.com]

Loading...