Busyet...Oknum BRI Ini Terjerat Kredit Fiktif Rp4 Miliar

Busyet...Oknum BRI Ini Terjerat Kredit Fiktif Rp4 Miliar

INILAH, Parungpanjang – Kejaksaan Negeri Cibinong, Kabupaten Bogor menangkap oknum pegawai BRI Unit Parungpanjang berinisial PEA (32 tahun). Dia diduga melakukan kredit fiktif yang telah merugikan negara senilai lebih dari Rp4 miliar.

Modus tersangka PEA dalam menjalankan praktik kredit fiktifnya adalah dengan mengajukan kredit atas nama nasabah yang sebelumnya telah melakukan pelunasan. Total ada 150 nasabah BRI Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan simpanan pedesaan (Simpedes) yang menjadi saksi korban.

“Atas perbuatan tersangka PEA, negara diperkirakan mengalami kerugian lebih dari Rp4 miliar hingga hari ini. Kami menangkapnya setelah panggilan ketiga dia hadir di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor,” ucap Kepala Kejaksaaan Negeri Cibinong Bambang Hartarto kepada wartawan, Rab (31/7).

Dia menerangkan sebelum ditangkap, tersangka PEA sempat dimintai keterangan sebagai saksi selama dua kali namun selama dua kali itu juga tersangka mangkir dari panggilan.

Terungkapnya kasus kredit fiktif ini berkat laporan nasabah BRI Unit Parungpanjang yang mengeluh mendapatkan tagihan, padahal mereka sudah melunasi pinjaman KUR atau Simpedesnya. Tersangka PEA melakukan aksi kejahatannya mulai tahun 2012 hingga tahun 2017. (reza zurifwan)