Macan Tutul Resahkan Warga Tasikmalaya

Macan Tutul Resahkan Warga Tasikmalaya
(Istimewa)

INILAH, Tasikmalaya - Macan tutul muncul di Perkebunan meresahkan warga Kampung Badeung, Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Hingga Kamis (1/8/2019) pagi WIB, macan tutul masih berkeliaran dan belum berhasil ditangkap.

Sebelumnya pada Rabu (31/7/2019) telah dilakukan proses pencarian oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah III Ciamis, bersama tim dari Taman Safari Indonesia serta para relawan. Namun belum membuahkan hasil.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis Didin Syarifudin mengatakan, proses pencarian dilanjutkan pada Kamis (1/8/2019) hari ini. Petugas juga disiagakan di sekitar permukiman warga.

"Macan tutul memang sempat terlihat, tapi saat ini belum membuahkan hasil. Ada kemungkinan bersembunyi atau bergeser ke tempat lain," kata Didin.

Didin menuturkan, dalam pencarian sebelumnya banyaknya masyarakat yang berkumpul membuat satwa takut dan kabur. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat tidak terlalu dekat dengan lokasi, sehingga tim bisa konsentrasi di lokasi pencarian.

"Pencarian kali ini akan lebih efektif. Kita sudah datangkan bantuan tim dari Taman Safari Indonesia," bebernya.

Proses pencarian kali ini petugas akan melakukan pelacakan jejak macan. Menurut Didin macan harus ditangkap dan dipindahkan ke habitatnya karena meresahkan warga. Dikhawatirkan akan menimbulkan konflik antara satwa dengan manusia.

"Akan berusaha terus upaya penangkapan. Yang penting masyarakat selamat dan satwa berhasil dievakuasi," tandasnya. [rok]