Akhirnya Jokowi Resmikan Jalan Tol Bocimi Seksi 1

Akhirnya Jokowi Resmikan Jalan Tol Bocimi Seksi 1
Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Bocimi Seksi 1, Sabtu (1/12).

INILAH, Bogor- Akhirnya setelah sempat beberapa kali tertunda, Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I.

Dalam peresmian jalan sepanjang 15,4 Km di Pintu Tol Cigombong Kabupaten Bogor ini, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Menteri BUMN, Menteri Perhubungan, Kepala BPJT, Wakil Gubernur Jawa Barat , Bupati Bogor dan lainnya.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim saya resmikan Jalan Tol Bocimi Seksi I," ujar Jokowi, Sabtu (1/12).

Mantan Wali Kota Solo ini menuturkan pembangunan Jalan Tol Bocimi seksi I hingga IV,  sedianya dimulai pada 1997 lalu. Namun karena proses pembebasan lahannya yang sulit, pembangunan pun mangkrak.

Selain itu kepemilikan saham PT Trans Jabar Tol selaku pengelola jalan tol saat ini juga beberapa kali beralih kepemilikan. Mulai dari Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group hingga MNC Group.

Akhirnya pada tahun 2015 lalu, Jokowi memerintahkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Waskita Toll Road, mengambil alih proyek senilai Rp15,9 triliun ini.

"Sejak proyek Jalan Tol Bocimi ini ditetapkan sejak tahun 1997 lali sudah beberapa kali ganti investor,  lalu pada tahun 2015 pemerintah mengambil alih dengan negosiasi yang alot hingga tahun 2016 baru kita bisa lakukan pembebasan lahan," tuturnya.

Sebagai informasi, Tol Bocimi sendiri terbagi ke dalam empat seksi. Seksi pertama adalah Ciawi-Cigombong dengan panjang 15,4 km, Seksi II Cigombong-Cibadak 11,9 Km, Seksi III dan Siksi IV Cibadak-Sukabumi Timur dengan panjang 26,75 Km.

"Jalan Tol Bocimi ini akan kami lanjutkan ke Cianjur dan Bandung setelah  tahun 2020 mendatang, semoga dengan adanya Jalan Tol ini memperpendek waktu tempuh angkutan barang atau manusia dari 7 jam  menjadi lebih cepat lagi," papar Jokowi.