Impor Desmi Ro-Clean, Meredian Kirimkan Peringatan

Impor Desmi Ro-Clean, Meredian Kirimkan Peringatan
Ilustrasi/Net

INILAH, Jakarta- Sebagai agen resmi serta distributor tunggal produk penanggulangan tumpahan minyak Desmi Ro-Clean, PT Meredian Khatulistiwa (Meredian) menyampaikan peringatan atas dugaan importasi ilegal produk tersebut.

Dalam rilis kepada media di Jakarta, Senin (2/9/2019), Hendra Setiawan Boen dari Frans & Setiawan Law Office, selaku kuasa hukum Meredian, menyampaikan hal tersebut.

Hendra menyampaikan, Meredian memberikan peringatan terakhir kepada publik, termasuk instansi pemerintah agar tidak mengeluarkan izin, persetujuan atau pengakuan dalam bentuk apapun, kepada pihak manapun yang berniat mengimpor produk pengendalian tumpahan minyak Desmi Ro-Clean.

"Kecuali apabila importasi tersebut dilakukan Meredian sebagai agen tunggal dan resmi untuk mengedarkan dan menjual produk pengendalian tumpahan minyak Desmi Ro Clean di wilayah RI," papar Hendra.

Hendra juga memperingatkan pihak-pihak yang secara tanpa hak, melakukan impor produk pengendalian tumpahan minyak Desmi Ro-Clean. Diharapkan segera menghentikan setiap dan seluruh kegiatan importasi produk tersebut. "Segera lakukan re-ekspor atas produk pengendalian tumpahan minyak Desmi Ro-Clean yang melanggar dan merugikan Meredian ke negara asal," ungkapnya.

Menurut Hendra, hal ini menjadi poin penting demi menghindari kerugian lebih lanjut dari Meredian, serta menghindari tuntutan hukum di kemudian hari. "Kita bisa tuntut baik secara perdata maupun pidana," tegasnya.

Kata dia, Meredian berharap agar pemerintah dalam hal ini kementerian keuangan, Kementerian ESDM, KPK, memeriksa Bea Cukai Tanjung Priok. Atas dugaan memberikan izin atas importasi produk tersebut. Dan, selaku perusahaan penyedia alat untuk mengatasi tumpahan minyak yang berdiri sejak 1986, Meredian telah melayangkan surat keberatan karena importasi tersebut telah melanggar hak Meredian selaku satu-satunya distributor Desmi Ro-Clean di wilayah Indonesia yang ditunjuk DESMI Ro-Clean A/S asal Denmark.

"Peringatan ini menjadi sangat penting, demi menjaga suasana bisnis yang kondusif, kepastian serta penegakan aturan bisnis di negeri yang sama-sama kita cintai. Apalagi Meredian yang beroperasi lebih dari 30 tahun, bereputasi tinggi karena selalu patuh terhadap aturan," pungkas Hendra. [Inilahcom]

Loading...