Jabar Saber Hoaks Diluncurkan Jumat ini

Jabar Saber Hoaks Diluncurkan Jumat ini
INILAH, Bandung-Namanya Jabar Saber Hoaks. Tim yang dibentuk oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini akan diluncurkan pada Jumat (7/12/2018) nanti. 
 
Kepala Diskominfo Jawa Barat, Hening Widyatmoko mengatakan, tugas dari Jabar Saber Hoaks yaitu memantau, mendeteksi dan mengedukasi masyarakat. Dalam hal ini untuk menangkal berita yang dipalsukan alias hoaks yang terjadi di internet oleh pelaku dan korban yang berdomisili di wilayah Jawa Barat.
 
"Insya allah launchingnya tanggal 7 Desember bertempat di Gedung Sate," ujar Hening, Minggu (2/12/2018).
 
Tambah dia, tim ini terbentuk dan merupakan tugas Diskominfo Jabar. Dimana akan dilaksanakan oleh personil internal ASN Diskominfo dan Non ASN. Selain itu, lanjut dia, akan melibatkan pihak lain, seperti Biro Humas   Pemprov Jabar, Biro Hukum Pemprov Jabar, Kesbangpol, Disdik Jabar, Penasihat Hukum dan petugas penghubung dari Polda Jabar.
 
"Tugas utamanya, memantau, klarifikasi, diseminasi berita Hoaks dengan tagline 'Independen, Akurat, Cepat'," jelas dia.
 
Tim ini dapat membantu meneruskan penindakan hukum para pelaku penyebar hoaks kepada Aparat Penegak Hukum (APH). Dengan catatan, pembuat berita palsu dan korban berada di Jawa Barat.
 
Namun, bila Pelaku dan korban berasal dari luar wilayah Jawa Barat, maka tim tidak dapat meneruskan prosesnya dan selanjutnya menyerahkan kepada pihak Kepolisian (APH). 
 

"Bila ada informasi terkait website penyebar hoaks untuk diproses pemblokiran, maka Tim akan menyampaikannya ke Kementerian Kominfo untuk dipertimbangkan pemblokiran," pungkasnya.