Cekas Pintu Transparansi Pendidikan Kota Bandung

Cekas Pintu Transparansi Pendidikan Kota Bandung
INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana membuka acara Workshop Penyusunan RKAS Berbasis Cekas Tingkat SMP di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung. Kegiatan ini difokuskan untuk menyusun rencana anggaran terkait inovasi Kartu Bandung Pintar.
 
Saat membuka sekaligus memberikan arahan, Elih mengatakan anak-anak usia sekolah harus bisa mendapatkan pelayanan pendidikan. Sekolah menjadi bagian terdepan dalam memberi pelayanan serta mampu memberi kejelasan pada masyarakat terkait pelayanan pendidikan.
 
Dia mengutip pasal 49, PP No. 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan Penyelenggaraan Pendidikan, yang menyebutkan pengelolaan satuan atau program pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar, dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/madrasah. 
 
Bendahara sekolah, misalnya, bertugas mengoperasionalkan tata kelola keuangan. Sementara operator bertugas menginput data ke dalam aplikasi berbasis TIK. Salah satunya Cekas, Cekas adalah alat inisiatif di Kota Bandung untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas yang berbasis TIK. Karena dengan TIK akan memudahkan pekerjaan dalam hal akuntabilitas dan transparansi.
 
Hadir juga Kepala Bidang PP SMP Hadiana Soeriatmadja, Kepala Seksi Sarana Prasarana SMP Nana Hanadi, Kepala Seksi Kurikulum SMP Bambang Ariyanto, Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik SMP Suryadi beserta 150 orang, terdiri dari unsur Pengawas, Kepala Sekolah, Tim Pengembang Sekolah, Komite Sekolah, Operator dan Bendahara Sekolah. (*)