Prancis vs Albania, Menang Harga Mati

Prancis vs Albania, Menang Harga Mati
Ilustrasi/Net

PRANCIS sedang tak nyaman juga tak aman. Kekalahan atas Turki membuat upaya  lolos ke putaran Final Euro 2020 menjadi tak mudah. "Kami harus terus menang," ujar Pelatih Didier Deschamps.

Prancis akan menjamu Albania dalam lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H di Stadion Stade de France, Minggu (8/9) dini hari WIB. Mereka hanya ingin kemenangan.

"Kami telah membuat kesalahan di laga lalu (melawan Turki). Sekarang perjalanan menjadi lebih berat. Oke, masih banyak sisa laga tetapi kami harus mulai konsisten menang," lanjut Deschamps.

Tiga tim di Grup H  memiliki poin yang sama yakni 9. Sementara itu, Albania yang menempati posisi keempat, juga hanya terpaut tiga poin di bawah tiga besar. Tentu saja bagi Prancis, laga melawan Albania tak semudah perhitungan di atas kertas.

Deschamps pun menolak anggapan Turki adalah lawan terberat di Grup H. Dia mewanti-wanti para pemainnya untuk tetap fokus serta mewaspadai setiap lawan, termasuk Albania.

"Kami harus datang ke lapangan dengan sikap yang tepat. Kami akan melawan mereka dengan kepercayaan diri dan kerendahan hati. Kami butuh poin dan semuanya harus tepat," lanjut Deschamps.

Sejauh ini, Les Bleus baru sekali melakoni laga kandang dengan kemenangan empat gol tanpa balas melawan Islandia. Deschamps berharap hasil serupa ketika menjamu Albania.

Tantangan besar Prancis, adalah membongkar lini pertahanan tim tamu yang begitu solid. Sejauh ini, Albania bgaru sekali kebobolan dalam empat laga. Artinya, mereka tiga kali mencatatkan clean sheet.

Tapi rekor kandang Prancis sedang oke. Mereka menang empat laga berturut-turut di Paris. "Saya rasa semua itu (prediksi) menjadi tak penting karena yang menentukan adalah apa yang kami lakukan di lapangan," pungkas Deschamps.

Menanti Guendouzi

Gelandang Timnas Prancis, Matteo Guendouzi mengaku sangat bahagia bisa memperkuat Les Bleus. Dia berterima kasih kepada Unai Emery.

Guendouzi merupakan salah satu pembelian pertama Emery di Arsenal. Sang gelandang mendapatkan kepercayaan penuh dari sang pelatih di mana ia kerap tampil sebagai starter di skuat The Gunners sejak musim lalu.

Pada jeda internasional kali ini, Guendouzi seharusnya memperkuat Timnas Prancis U-21. Namun karena Paul Pogba mengalami cedera, ia dipromosikan ke tim senior. "Ini adalah mimpi yang menjadi nyata bagi saya," beber Guendouzi yang dikutip L'Equipe.

Guendouzi menyebut bahwa Unai Emery memainkan peran yang sangat penting di balik keberhasilannya menembus tim senior Prancis.

"Manajer [Emery] ingin saya mengembangkan permainan saya, entah itu cara bertahan saya, cara saya membawa bola atau tidak membawa bola."

Guendouzi berpotensi menjalani debut seniornya di Timnas Prancis di akhir pekan nanti. "Saya selalu siap," tandasnya. (bsf)

HEAD TO HEAD
16/06/19: Prancis 2-0 Albania
13/06/15: Albania 1-0 Prancis
15/11/14: Prancis 1-1 Albania
08/10/11: Prancis 3-0 Albania
03/09/11: Albania 1-2 Prancis

LIMA LAGA TERAKHIR PRANCIS
12/06/19: Andorra 0-4 Prancis
09/06/19: Turki 2-0 Prancis
03/06/19: Prancis 2-0 Bolivia
26/03/19: Prancis 4-0 Islandia
23/03/19: Moldova 1-4 Prancis

LIMA LAGA TERAKHIR ALBANIA
12/06/19: Albania 2-0 Moldova
08/06/19: Islandia 1-0 Albania
26/03/19: Andorra 0-3 Albania
23/03/19: Albania 0-2 Turki
21/11/18: Albania 1-0 Wales

PRAKIRAAN PEMAIN
Prancis (4-2-3-1)

Lloris (GK) Hernandez, Umtiti, Varane, Pavard (B) Sissoko, Matuidi (cdm) Coman, Griezmann, Ikone (T) Giroud (D)
Pelatih: Didier Deschamps
Albania (3-5-2)
Berisha (GK) Vaseli, Ismajli, Mavraj (B) Hysaj, Abrashi, Xhaka, Memushaj, Lenjani (T) Uzuni, Balaj (D)
Pelatih: Edoardo Reja

Loading...