Aktivitas Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Menurun

Aktivitas Erupsi Gunung Tangkuban Parahu Menurun
(Antara Foto)

INILAH, Bandung - Pengelola taman wisata (TWA) Gunung Tangkuban Parahu, Ruslan mengklaim aktivitas erupsi kawah ratu di Gunung Tangkuban Parahu mulai normal. Hal itu berdasarkan informasi yang didapatnya dari PVMBG Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal itu disampaikannya, usai kegiatan Salat Hajat berjamaah dan Istighosah yang dilakukan ratusan pedagang dan warga di Kawasan TWA Gunung Tangkuban Parahu, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (7/9/2019).

Menurutnya, dalam dua hari ke belakang perlahan ada penurunan letupan erupsi kawah ratu di Gunung Tangkuban.

"Memang ledakannya sempat besar, tapi mungkin itu yang terakhir, dan semoga lebih baik. Sekarang sudah mulai anteng (tenang)," ucap Ruslan.

Lebih lanjut, Ruslan mengharapkan, para warga yang ada di sekitar TWA Tangkuban Parau tidak sering membagikan pantauan atau kondisi terbaru kawah. Selama ini banyak pihak di luar sekitar kawah yang kerap memviralkan pantauan kawah Tangkuban Parahu.

Sayangnya, hal yang diviralkan banyak juga yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Pasalnya, hal itu berdampak pada asumsi masyarakat luar bahwa tangkuban Parahu memang masih berbahaya dan tidak dapat didatangi sebagai tempat wisata.

"Jangan sampai orang yang memanakn nangkanya tapi kita makan getahnya. Mereka yang dapat enaknya," pungkas Ruslan. (Ridwan Abdul Malik)
 

Loading...