Sungai Kalimalang Bakal Jadi Kebanggaan Warga Bekasi

Sungai Kalimalang Bakal Jadi Kebanggaan Warga Bekasi
Ilustrasi
INILAH, Bandung- Sebentar lagi Warga Kota Bekasi akan memiliki ikon menyusul dimulainya revitalisasinya Sungai Kalimalang. 
 
Kalimalang  akan disulap layaknya sungai di Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. Ditargetkan, pembangunan konstruksi akan mulai digarap di tahun 2019 nanti. 
 
Sementara Desain akhir penataan untuk zona 1 pun sudah dipajang Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil via akun instagram pribadinya @ridwankamil pada Senin (3/12). Diketahui, akan ada empat zona yang diproyeksikan untuk Kalimalang. 
 
Emil -sapaan Ridwan Kamil- membeberkan konsep proyek Kalimalang sebagai saluran yang dibangun untuk memasok air baku dari Waduk Jatiluhur, Purwakarta untuk nantinya dialirkan ke masyarakat Jakarta.
 
"Itu kan saluran air bersih. Jadi Alhamdulilah keindahannya itu bukan omong kosong, bukan sungai warna cokelat ini memang bersih karena air minum," ujar Emil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (5/12) Malam.
 
Dia mengatakan, di lokasi Kalimalang nantinya akan dibangun Taman Sejarah seperti yang berada di Kota Bandung. Ada pula pusat kegiatan budaya warga Bekasi.
"Rekreasi ada toga spot yang dilakukan untuk ekspresi berkesenian," ucapnya.
 
Lanjut dia, di Kalimalang akan dibangun gedung landmark Bekasi yang menjadi ciri khas kota metropolitan. Konsep ini, kata Emil tidak ditawarkan pada kabupaten,  namun hanya di kota yang padat. 
 
"Itu jadi landmarknya karena di sana ada kantor polisi atau apa, yang enggak bisa dibongkar jadi kita tutup," katanya.