Ribuan Penari akan ‘Bergoyang’ Bersama di Hari Jadi Karawang

Ribuan Penari akan ‘Bergoyang’ Bersama di Hari Jadi Karawang
Foto: Net

INILAH, Karawang – Pemkab Karawang bakal menggelar event spektakuler dalam waktu dekat, bertema Festival Goyang Karawang (Gokar). Dalam festival ini, ribuan penari bakal unjuk gigi. Bahkan, kabarnya pemerintah mengundang para penari dari 16 negara.

Bupati Karawang Cellica Nurachadiana menuturkan, Festival Gokar akan digelar akhir September selama empat hari, mulai 26 hingga 29 September.

“Festival bertaraf internasional ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi ke-386 Kabupaten Karawang,” ujar Cellica kepada wartawan, Senin (9/9/2019).

Menurut Cellica, Festival Gokar bertujuan menunjukkan citra positif goyang Karawang. Dalam kegiatan ini akan ditampilkan sejumlah kesenian tradisional, seperti Jaipong, Ajeng, pencak silat, dan ‘Ngandu’ domba. 

“Kami berharap kegiatan ini bisa membawa makna positif untuk Karawang. Kegiatan ini menunjukkan bahwa warga Karawang itu ‘rempeg’ atau kompak,” jelasnya.

Tak hanya kesenian khas Karawang, lanjut Cellica, tarian nusantara juga akan menghadirkan tarian dari Papua, Bali, Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Sedangkan dari mancanegara yang turut memeriahkan, di antaranya dari Amerika, Prancis, Mesir, Australia. Kemudian, Jepang, India, Cina, Korsel, Filipina, Kamboja, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam serta Vietnam.

“Lebih dari 10 ribu penari akan memerlihatkan penampilan terbaiknya. Tarian dari ribuan penari ini akan tercatat dalam rekor MURI Goyang Karawang,” ujarnya. (Asep Mulyana)

Loading...