Ini Pandangan APEKSI Soal Pemindahan Ibukota

Ini Pandangan APEKSI Soal Pemindahan Ibukota
Foto: INILAH/Rizki Mauludi

INILAH, Bogor – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengusulkan kantor kementerian disebar ke seluruh provinsi di Indonesia, meski ibukota dipindah ke Kalimantan. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Apeksi Syarief Fasya di sela acara Mayor Caucus di Balai Kota Bogor.

Usulan tersebut diungkapkan untuk kepentingan pemerataan pembangunan wilayah di Tanah Air. Indonesia masih belum merata pembangunannya sehingga penyebaran kantor bisa mengakibatkana efek maju bersama.

Syarief Fasya mengatakan, rencana pemindahan pemerintah ke ibu kota baru dinilai kurang tepat. Seharusnya kantor kementerian disebar ke setiap provinsi sesuai potensi yang dimiliki daerah tersebut.

"Misalnya Jabar potensinya pertanian, ya kementerian pertanian di Provinsi Jabar. Sulawesi Utara terkenal industri ikannya, jadi kementeriannya di Sulawesi Utara, Pertambangan di Kalimantan atau Papua dan lainnya," ungkap Syarief yang juga Wali Kota Jambi.

Syarief menegaskan, apabila kantor kementerian disebar ke setiap provinsi, dirinya meyakini pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di setiap daerah di Indonesia bakal maju secara bersamaan. Tapi apabila pusat pemerintahan hanya terpusat di satu wilayah saja daerah lain tetap akan tertinggal.

"Kalau misalnya ada 15 kantor kementerian disebar, 15 provinsi akan tumbuh sama seperti di Kalimantan Timur. Tetapi kalau tidak maka Jakarta akan pindah ke sana," tegasnya.

Ia menjelaskan, terkait usulan ini, Apeksi akan menyampaikan masukan tersebut ke Presiden Joko Widodo dalam forum Mayor Caucus 2019 yang diselenggarakan di IPB International Convention Center. Masih kata Syarief, beberapa waktu lalu usulan serupa pernah diusulkan ke Presiden. 

"Saat itu memang belum ada keinginan memindahkan ibu kota. Tapi kami akan mengingatkan lagi kepada Beliau melalui forum ini juga melalui Apeksi juga kami ingatkan," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan HM Rizal E mengatakan, dirinya meminta pemerintah pusat membuat perhatian yang sama kalau pemerintah pusat jadi ke Kalimantan Timur. Jadi kota yang akan dijadikan ibukota dengan kota sekitarnya harus diperhatikan secara sama.

"Kan yang akan menjadi ibukota nantinya beberapa kota yang dekat Balikpapan. Karena kota kami strategi sebagai penyangga ibukota, meminta gambaran dari Bogor, Bekasi dan Depok. Jangan sampai kami tertinggal dari ibukota," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Loading...