Dirjen IKM Kemenperin Serahkan Bantuan Restrukturisasi Mesin

Dirjen IKM Kemenperin Serahkan Bantuan Restrukturisasi Mesin
INILAH, Bandung - Industri Kecil dan Menengah (IKM) memiliki posisi yang strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional. Selain itu, sektor usaha ini pun memiliki kontribusi besar dalam penyerapan tenaga kerja serta pemerataan kesejahteraan masyarakat.
 
Untuk itu, Direktorat Jenderal IKM Kementerian Perindustrian memiliki program prioritas untuk meningkatkan daya saing IKM.
 
Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, bantuan program restrukturisasi mesin dan peralatan IKM yang diberikan itu berupa pemberian potongan harga (reimburse) terhadap IKM yang telah membeli mesin dan peralatan dalam jangka waktu tertentu untuk menunjang proses produksi. 
 
"Bantuan yang diberikan itu berupa potongan sebesar 25% dari harga pembelian untuk mesin buatan luar negeri, dan sebesar 30% dari harga pembelian untuk mesin buatan dalam negeri," kata Gati saat penyerahan di Bandung, Selasa (4/12/2018).
 
Di Bandung, penyerahan diberikan kepada 39 IKM yang ada di Jabar. Rinciannya, 16 IKM Bordir, 7  IKM Pangan, 4 IKM Tekstil dan Produk Tekstil, 2 IKM Mainan Anak, 1 IKM Konveksi, 1 IKM Pertenunan, 1 IKM Kain Rajut, 1 IKM Bulu Mata, 1 IKM Sepatu, 1 IKM Kerajinan, 1 IKM Furniture, 1 IKM Suku Cadang, 1 IKM Pompa, dan 1 IKM Permesinan sebagai perwakilan dari IKM yang menerima fasilitasi restrukturisasi.