Kakak Ipar Mantan Bupati Cianjur Divonis 5 Tahun

Kakak Ipar Mantan Bupati Cianjur Divonis 5 Tahun
Foto: Net

INILAH, Bandung – Cepi Setiady yang juga kakak ipar Bupati Cianjur non aktif Irvan Rivano Muchtar divonis 5 tahun penjara. Vonis tersebut lebih ringan 2 tahun dari tuntutan jaksa penuntut umum KPK. 

"Menjatuhkan hukuman lima tahun penjara, denda Rp 250 juta, subsidair kurungan tiga bulan," kata Ketua Majelis Hakim Daryanto di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (9/9/2019).

Sementara mantan Kadisdik Cianjur divonis dengan hukuman yang sama dengan tuntutan jaksa, yakni 4 tahun, begitu juga mantan Kabid SMP Rosidin diputus lima tahun penjara. Atas putusa. Tersebut semua terdakwa terima, smentara JPU KPK pikir-pikir. 

JPU KPK Zainal Abidin mengaku akan mendiskusikan terlebih dulu dengan pimpinan dan tim penuntut lainnya, makanya mengambil sikap pikir-pikir atas putusan majelis.

"Kita diskusikan dulu nanti, pakah hasilnya nanti belum tahu. Apakah banding atau terima," katanya.

Sementara soal ditolaknya penggantian uang negara dan pencabutan hak pokitik pihaknya tetap menghargai pendapay majelis. Pihaknya menuntut adanya uang pengganti lantaran uang yang mereka potong dari DAK merupakan uang negara, dan itu harus dikembalikan kepada negara. 

"Hak politik dicabut itu semua kami terapkan kepada seluruh penyelenggara negara, sebagai efek jera dan menghindari masyarakat jadi korban korupsi lagi. Tapi apapun pendapat majelis kami hargai," ujarnya. 

Sebelumnya dalam amar putusan majelis, para terdakwa yang belum mengembalikan uang pengganti tidak diharuskan membayar dalam amar putusan yang dibacakan majelis. (Ahmad Sayuti)