AS Larang Huawei Ikut Kontrak Pengadaan Pemerintah

AS Larang Huawei Ikut Kontrak Pengadaan Pemerintah
Pemerintah AS mengeluarkan peraturan yang resmi melarang Huawei dan sejumlah perusahaan China lainnya ikut dalam kontrak pembelian oleh badan-badan pemerintah federal.

INILAH, Bandung-Pemerintah AS mengeluarkan peraturan yang resmi melarang Huawei dan sejumlah perusahaan China lainnya ikut dalam kontrak pembelian oleh badan-badan pemerintah federal.

Mengutip VOA News, peraturan itu melarang semua badan federal AS membeli peralatan telekomunikasi dan teknologi dari berbagai perusahaan asal China itu, terhitung mulai 13 Agustus 2019.

Pengecualian dari peraturan itu bisa diberikan 'dalam keadaan tertentu' oleh kepala badan federal yang bersangkutan dan bisa berlaku selama dua tahun, atau dalam kasus-kasus lain oleh direktur Intelijen Nasional.

Huawei mengatakan akan mengajukan gugatan hukum lewat pengadilan tentang keabsahan keputusan Pemerintah AS itu.

"Peraturan itu tidak akan menjamin perlindungan bagi jaringan atau sistem telekomunikasi AS, dan hanya merupakan hambatan perdagangan yang didasarkan pada negara pembuatnya. Ini adalah tindakan hukuman tanpa adanya bukti kesalahan apapun" kata Huawei dalam pernyataannya.

Peraturan baru itu adalah bagian dari usaha Presiden Donald Trump untuk membatasi kegiatan Huawei di AS, yang menurut para pejabat, punya hubungan dekat dengan dinas intelijen China. (inilah.com)