Menteri Jonan Pastikan Status Tangkuban Parahu Waspada

Menteri Jonan Pastikan Status Tangkuban Parahu Waspada
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Ignasius Jonan memaparkan orasi ilmiahnya, pada Orasi Ilmiah Dies Natalis ke-62 Unpad, di Grha Sanusi Hardjadinata, Kota Bandung, Rabu (11/9/2019). (Syamsuddin Nasoetion)

INILAH, Bandung - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan pihaknya tidak akan menurunkan status waspada pada Gunung Tangkuban Parahu.

Hal itu disampaikan, Jonan usai memberikan orasi ilmiah di acara Dies Natalis Unpad yang ke-62, di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad Dipatikukur, Kota Bandung, Rabu (11/9).

"Tangkuban parahu kita tidak akan turunkan statusnya," ucap Jonan.

Lebih lanjut, Jonan mengungkapkan, hal itu dilakukan pihaknya dikarenakan aktifitas erupsi di Gunung Tangkuban Parahu masih seringkali terjadi.

"Statusnya masih sama seperti sekarang, kan aktifitasnya masih sama dengan beberapa waktu yang lalu," tutur Jonan.

Sebelumnya, Pengelola taman wisata (TWA) Gunung Tangkuban Parahu, Ruslan mengklaim aktivitas erupsi kawah ratu di Gunung Tangkuban Parahu mulai normal. Hal itu berdasarkan informasi yang didapatnya dari PVMBG Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal itu disampaikannya, usai kegiatan Salat Hajat berjamaah dan Istighosah yang dilakukan ratusan pedagang dan warga di Kawasan TWA Gunung Tangkuban Parahu, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (7/9/2019).

Menurutnya, dalam dua hari ke belakang perlahan ada penurunan letupan erupsi kawah ratu di Gunung Tangkuban.

"Memang ledakannya sempat besar, tapi mungkin itu yang terakhir, dan semoga lebih baik. Sekarang sudah mulai anteng (tenang)," ucap Ruslan. (Ridwan Abdul Malik)

Loading...