Liverpool vs Chelsea: Raja Melawan Raja!

Liverpool vs Chelsea: Raja Melawan Raja!
Ilustrasi/Net

ISTANBUL membara. Dua tim asal Inggris bertarung memperebutkan trofi Piala Super Eropa. Ini duel dua raja dari tanah Britania Raya.

Ya, Liverpool sang jawara Liga Champions akan meladeni kampiun Europa League, Chelsea di Istanbul, Turki, Kamis (15/8) dini hari WIB.  Di atas kertas, Si Merah-julukan Liverpool- sedikit lebih diunggulkan.

"Setelah final (Liga Champions) kami memiliki sekitar empat minggu di mana semua orang memberi selamat dan itu brilian ke mana pun kami pergi."

Skuat Liverpool dinilai lebih mumpuni. Performa mereka begitu konsisten. Musim lalu, Jordan Handerson dan kawan-kawan bahkan nyaris mengawinkan gelar Liga Champions dengan Liga Primer Inggris.

Tapi Klopp enggan para pemainnya terlena. Baginya, kesuksesan musim lalu harus mulai dibuang jauh dari benak seluruh elemen tim. Dia ingin Liverpool tetap rakus.

"Kami hanya harus melakukan hal yang sama lagi, dan dengan beberapa hal kami mungkin tidak kami lakukan dengan baik, kami harus melakukan yang lebih baik."

Liverpool juga datang ke laga ini dengan mental yang lebih oke. Mereka menang 4-1 melawan Norwich City sementara Chelsea dibungkam Manchester United, empat gol tanpa balas.

Performa Chelsea di bawah asuhan manajer anyar, Frank Lampard belumlah menjanjikan. Tapi Klopp ogah terkecoh. Dia tetap memandang Chelsea sebagai tim besar, meskipun sudah ditinggal sang megabintang, Eden Hazard.

"Ini final, tetapi perbedaan besar antara final Liga Champions dan pertandingan ini adalah musim yang baru, lawan yang berbeda. Saya pikir Chelsea telah banyak berubah: dari manajer baru, hingga Eden Hazard sudah tidak ada lagi," papar Klopp.

Pandangan serupa diutarakan bek Joe Gomez. Di mata dia, Chelsea akan memberi perlawanan sengit pada laga nanti.

"Semoga kami bisa memenanginya, tentu saja menghadapi lawan yang sulit dan melakukannya tidak mudah, tapi kami tak sabar untuk memainkannya," ujarnya.

Sementara itu bagi Manajer Chelsea, Frank Lampard, laga ini bak penebusan. Saat masih menjadi pemain, Lampard pernah dua kali menjalani pertandingan UEFA Super Cup. Dua-duanya berakhir dengan kekalahan.

Tak hanya soal rekor buruk, Lampard pun sedang dalam tekanan hebat menyusul hasil buruk pada pekan perdana Liga Inggris kontra MU.

Dalam laga itu, Lampard dinilai terlalu berani dalam menentukan sebelas pemain utama. Tammy Abraham dan Mason Mount mengawali pertandingan, alih-alih Olivier Giroud dan Christian Pulisic.

Selain itu sejumlah nama masih absen. Antonio Ruediger, Willian, Ruben Loftus-Cheek, dan Callum Hudson-Odoi. Mereka dibekap cedera.

Absennya Ruediger boleh jadi paling dirasakan Chelsea. Sebab Kurt Zouma yang dimainkan bersama Andreas Christensen melakukan sejumlah kesalahan, paling krusial adalah tekel cerobohnya terhadap Rashford yang berujung penalti.

Penalti itu membuka keunggulan MU di menit ke-18, yang kemudian dimaksimalkan 'Setan Merah' di babak kedua. Kombinasi antara komitmen Chelsea untuk lebih menyerang dan kesalahan-kesalahan individual berujung tiga gol lainnya dari MU.

"Kami memang kehilangan para pemain internasional dan pemain-pemain kunci, tapi saya tak mau menjadikannya sebagai alasan. Kami sempat bertarung untuk waktu yang panjang kok," kata Lampard kepada Sky Sports, sebagaimana dikutip BBC.

Kini, Lampard hanya ingin move on. Dia yakin timnya bangkit, dimulai dalam laga melawan Liverpool.

"Ini sebenarnya bukan pertandingan yang mencerminkan skor 4-0 untuk waktu yang panjang, tapi kami mesti menerimanya. Kami punya Piala Super (Eropa) mendekat dan kemudian laga kandang pertama (Liga Inggris), jadi kami memetik hal-hal bagus dan juga yang buruk lalu menganalisisnya," imbuhnya. (bsf)

HEAD TO HEAD

14/04/19: Liverpool 2-0 Chelsea

29/09/18: Chelsea 1-1 Liverpool

26/09/18: Liverpool 1-2 Chelsea

06/05/18: Chelsea 1-0 Liverpool

25/11/17: Liverpool 1-1 Chelsea

 

LIMA LAGA TERAKHIR LIVERPOOL

10/08/19: Liverpool 4-1 Norwich

04/08/19: Liverpool 1-1 Man City

01/08/19: Liverpool 3-1 Lyon

28/07/19: Liverpool 0-3 Napoli

25/07/19: Liverpool 2-2 Sporting

 

LIMA LAGA TERAKHIR CHELSEA
11/08/19: Man United 4-0 Chelsea

03/08/19: M'Gladbach 2-2 Chelsea

01/08/19: Slzbourg 3-5 Chelsea

28/07/19: Reading 3-4 Chelsea

23/07/19: Barcelona 1-2 Chelsea

 

PRAKIRAAN PEMAIN

Liverpool (4-3-3)

Adrian (GK) Robertson, Dijk, Matip, Alexander-Arnold (B) Handerson, Fabinho, Milner (T) Mane, Firmino, Salah (D)

Pelatih: Jurgen Klopp

Chelsea (4-2-3-1)

Arrizabalaga (GK) Azpilicueta, Zouma, Christensen, Alonso (B) Kante, Jorginho (cdm) Pedro, Barkley, Pulisic (T) Giroud (D)

Pelatih: Frank Lampard