Api Melalap Tiga Bangunan di Cicalengka, Uang Rp15 Juta Ludes Terbakar

Api Melalap Tiga Bangunan di Cicalengka, Uang Rp15 Juta Ludes Terbakar
Foto: Dani R Nugraha

INILAH, Bandung - Kebakaran hebat hingga meluluhlantakkan tiga unit bangunan terjadi di Kampung Cikopo Desa Babakan Peuteuy Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, Rabu (11/9/2019). 

Petugas pemadam kebakaran yang dibantu warga terus berusaha memadamkan api di tiga bangunan yang berada di seberang RSUD Cicalengka tersebut.

"Rumah dan toko milik penduduk, kelihatannya sih lebih dari satu bangunan. Kalau soal penyebanya kami juga enggak tahu yah," kata Asep Ridwan (29) salah seorang warga sekitar.

Situasi lalu lintas di sekitar lokasi kejadian sempat macet karena selain berada di kawasan padat penduduk, banyak warga pengguna jalan yang berhenti di pinggir melihat kebakaran. Selain itu, sejumlah kendaraan damkar juga berada di badan jalan.

"Kalau tidak salah yang kebakaran itu ada rumah, toko kelontongan dan juga apotek. Jadi tiga bangunan yang kebakar tapi kalau penyebabnya kami juga enggak tahu," ujarnya.

Pemilik apotek, Sugianto (40) hanya bisa pasrah melihat tempat usahanya sudah ludes tebakar. Ratusan obat dan sejumlah alat medis turut terbakar. Ia dan sejumlah pegawainya sempat menyelamatkan sebagian barang dari kobaran api. 

"Ada beberapa yang bisa diselamatkan, sebagian besar habis terbakar," Sugianto di lokasi kejadian.

Sugianto mengaku tak tahu penyebab kebakaran itu. Ia hanya sempat melihat kobaran api dan segera menyelamatkan diri.

"Saya lihat ada api di rumah sebelah. Mungkin karena hubungan arus pendek ditambah cuaca panas dan angin kencang, api jadi cepat‎ menjalar," katanya.

Selain apotek, tiga bangunan rumah dan toko kelontongan millik warga turut ludes terbakar.

"Saya lihat ada api di atap rumah. Saya langsung laporan ke masyarakat lainnya untuk kemudian ada yang menghubungi pemadam kebakaran," kata Rizki (22) warga setempat

Salah satu rumah yang terbakar yakni rumah milik Yusuf (48). Dalam kejadian itu, rumahnya yang berlantai dua turut terbakar. 

"Ada uang di lemari Rp15 juta turut terbakar," ujar Hendri (40). (Rd Dani R Nugraha)

Loading...