Holland Bakery Sementara Berhenti Beroperasi

Holland Bakery Sementara Berhenti Beroperasi
Foto: INILAH/Rizki Mauludi

INILAH, Bogor – Dugaan pencemaran yang dilakukan Holland Bakery di Cibuluh, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, menemukan titik terang setelah warga menggelar pertemuan didampingi aparatur wilayah. Hasilnya Holland Bakery sementara berhenti beroperasi.

Ketua RT 01 RW 04 Kampung Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Muhammad Tahir mengatakan, dirinya bersama beberapa warga terkena dampak didampingi lurah dan babinsa mengadakan rapat pertemuan untuk membahas solusi permasalahan tersebut.

"Saya selaku ketua RT sifatnya pendamping warga. Tadi pun turun langsung dari staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor untuk mengecek air limbah tersebut," ungkapnya kepada wartawan, Selasa (13/8/2019).

Tahir melanjutkan, hasilnya ada perjanjian antara warga dan Holland Bakery yaitu produksi kue serta roti sementara ditutup sampai ada solusi untuk buangan air. Soal berapa lama toko kue roti tersebut mengeluarkan limbah, Tahir menyebutkna harus ditanyakan langsung kepada warga terdampak.

Salah satu warga, Mega membenarkan pencemaran air limbah yang mengalir ke halaman depan rumah warga. Bahkan, bulan lalu pihak Holland Bakery pernah membuat seperti kobakan atau penampungan di dalam toko untuk menampung air limbah, setelah warga melakukan teguran beberapa kali.

“Kobakan itu tidak berfungsi, hingga mengalir lagi ke depan rumah warga. Ada sekitar enam rumah yang terkena imbas. Berapa lamanya sih saya belum paham karena baru tinggal setahun di sini," pungkasnya. (Rizki Mauludi)