Unkris Bantu Masyarakat Rumambe II Karawang Perbaiki Citarum

Unkris Bantu Masyarakat Rumambe II Karawang Perbaiki Citarum
INILAH, Karawang - Ratusan kepala keluarga (KK) di wilayah industri, Dusun Rumambe II, Desa Anggadita, Klari, Karawang, belum begitu memahami pelestarian lingkungan. Meski mereka tidak lagi membuang sampah rumah tangga ke sungai, masih banyak potensi pemeliharaan lingkungan, sepanjang sepadan sungai  Citarum yang juga melintasi desa tersebut.
 
Hal tersebut berdasarkan data yang disampaikan Koordinator Kebijakan Publik Sektor 18 Program Citarum Harum dari Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Semuel Th Salean saat sosialisasi penanganan limbah rumah tangga, termasuk edukasi tentang pentingnya memahami aturan tinggal di dekat wilayah sepadan sungai, akhir November lalu. 
 
Semuel mengatakan, sosialisasi dilakukan agar 270 KK yang menetap di Dusun Rumambe II tidak mendirikan bangunan di pinggir sungai.
 
"Sudah ada ketentuannya di perda. Tugas kami selaku perguruan tinggi menyampaikan kepada masyarakat demi nafas Sungai Citarum," ujar Semuel yang juga Ketua PPM Fakultas Teknik Unkris dalam rilis yang diterima INILAH, Rabu (5/12/2018).
 
Menurut Semuel, program pengabdian kepada masyarakat akan dilakukan hingga 7 tahun mendatang sebagai bentuk implementasi Perpres Nomor 15 tahun 2018. Rencananya, program akan melibatkan sejumlah pihak, dalam hal ini para penggiat PKK dan anggota Karang Taruna di dusun tersebut.
 
"Tidak cukup sosialisasi, tetapi ada juga teknik pengolahan limbah rumah tangga. Kita rangkul PKK dan Karang Taruna, bareng-bareng semua harus peduli Citarum," katanya.
 
Ditambahkannya, meski area sepadan sungai bersih dari bangunan liar, pihaknya meyakinkan program sosialisasi pengendalian limbah rumah tangga Dusun Rumambe II Desa Anggadita Klari Karawang menjadi awal yang baik dalam semangat mengembalikan harumnya Sungai Citarum.