SMP di Kabupaten Bandung Bangun Fasilitas dari DAK dan APBD

SMP di Kabupaten Bandung Bangun Fasilitas dari DAK dan APBD
Ilustrasi (Net)

INILAH, Bandung - Pada tahun ini, pembangunan ruang kelas, laboratorium, dan jamban Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta di Kabupaten Bandung mendapatkan bantuan rehabilitasi.

Pembangunan dan perbaikan fasilitas sekolah ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD, harapannya akses masyarakat terhadap pendidikan semakin baik.

Kepala Seksi Sarana Prasarana SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Suarma mengatakan, tahun ini pemerintah pusat mengucurkan DAK 2019 sebesar Rp26.217.725.336.

Jumlah ini untuk rehabilitasi ruang kelas, pembangunan jamban siswa/guru, pembangunan perpustakaan, pembangunan laboratorium IPA, laboratorium komputer, rehabilitasi ruang guru, dan ruang kelas baru.

"Ini sudah termasuk mebeler dan juga perlengkapan lainnya. Seperti, laboratorium komputer termasuk isinya, ada komputer, mebeler dan perlengkapan lainnya. Saat ini, pengerjaan yang DAK belum semua untuk termin kedua sedang pengajuan. Saat ini ada yang masih berlangsung, tapi ada juga yang berhenti dulu karena menunggu pembayaran termin kedua," kata Suarma, Kamis (12/9/2019).

"Nah kalau yang dari APBD ini pengerjaan rata-rata antara 90-100 persen sudah selesai. Karena memang ditargetkan harus selesai akhir bulan ini," ujarnya.

Sedangkan bantuan rehabilitasi dari dana block grand pemerintah pusat yang dikelola oleh Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat, kata Suarma, terdapat tiga sekolah yang diajukan untuk mendapatkan bantuan. Ketiga sekolah tersebut berada di Ciparay, Pacet, dan Pangalengan.

"Kalau yang block grand dari PUPR Provinsi itu nilainya kami tidak mengetahui. Karena memang baru pertama kali ini dan kami juga hanya menerima setelah selesai pekerjaannya," katanya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Ciwidey, Karna Saputra mengatakan, pihaknya mendapatkan dua paket bantuan dari DAK untuk rehabilitasi dua ruang kelas. Saat ini pengerjaan sudah mencapai 40 persen. Sedangkan dari APBD tahun ini, pihaknya juga mendapatkan bantuan untuk pembangunan taman, lapangan upacara, dan fasilitas parkir.

"Harapan kami dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana dapat meningkatkan semangat belajar, serta akses masyarakat terhadap pendidikan pun bisa semakin baik," katanya. (Rd Dani R Nugraha)

Loading...