Airlangga Lebih Dekat dengan Jokowi

Airlangga Lebih Dekat dengan Jokowi
Istimewa

INILAH, Jakarta - Airlangga Hartarto dinilai lebih dekat dengan Presiden Jokowi dibandingkan Bambang Soesatyo.

"Presiden punya pilihan. Tapi saya nilai Jokowi lebih condong ke Airlangga," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, Sabtu (14/9/2019).

Menurut Jerry, restu dari Jokowi sangat penting. Untuk jatah dengan 85 kursi dari hasil torehan Golkar di DPR, maka kemungkinan Golkar tetap meraih jatah 3 kursi menteri.

"Kalaupun empat (kursi menteri) itu hasil kerja keras Airlangga," katanya.

Selain itu, sifat Airlangga yang tenang, membuat tokoh senior Golkar seperti Agung Laksono, Akbar Tanjung, Jusuf Kala, Aburizal Bakrie masih mendukungnya.

"Memang selama ini Airlangga tetap setia mendukung Jokowi. Tapi dalam politik 1 detik keputusan bisa berubah. Jangan salah Jokowi juga bakal minta petunjuk dan arahan Megawati," kata dia.

Sementara itu, pengamat kebijakan publik Universitas Bung Karno Cecep Handoko menilai loyalitas Airlangga terhadap Jokowi dibuktikan dengan merealisasikan mobil Esemka yang telah dibangun oleh pemerintah saat ini.

"Airlangga juga bisa diterima semua kader muda dan kader senior Golkar. Itu artinya, Airlangga berpeluang bisa memimpin Golkar kembali," katanya.

Airlangga terbukti mampu mengkonsolidasikan kekuatan partai meski Golkar tengah menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi. "Dia mampu menjaga gejolak partai," ujar dia. [Inilahcom]

Loading...