Kerusakan Bangku Penonton Taman Sribaduga Mulai Diperbaiki

Kerusakan Bangku Penonton Taman Sribaduga Mulai Diperbaiki
Foto: Net

INILAH, Purwakarta – Pemkab Purwakarta sedang melakukan perbaikan sejumlah fasilitas penunjang di areal wisata Taman Sribaduga (Situ Buleud). Diketahui, ada beberapa fasilitas di taman aktif besar ini dalam kondisi rusak.

Salah satu kerusakannya terlihat pada bangku penonton. Banyak bangku di situ besar yang dimodif menjadi area rekreasi bertaraf internasional dengan suguhan air mancur menari itu kondisinya patah. Bahkan yang masih bagus juga kelihatannya sudah rapuh dimakan usia.

Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Distarkim Kabupaten Purwakarta Kosasih menuturkan, pihaknya telah memulai melakukan perbaikan kerusakan di beberapa fasilitas areal Situ Buleud. Untuk tahap awal, baru perbaikan bangku penonton.

“Progres perbaikannya baru 30 persen. Kami targetkan di akhir Oktober sudah bisa digunakan,” ujar Kosasih kepada INILAH, akhir pekan kemarin.

Dia menjelaskan, bangku penonton yang mengalami rusak diganti total dengan yang baru. Adapun di sekeliling Situ Buleud, terdapat empat jejer bangku, engan rincian dua jejer di areal dalam, dua lagi di areal luar.

Selain perbaikan bangku, pihaknya juga sedang membangun fasilitas tambahan, yakni ruang menyusui (laktasi) serta perbaikan dan penambahan toilet. Adapun anggaran untuk perbaikan bangku dan fasilitas lainnya mencapai Rp400 juta.

Kosasih menambahkan, khusus pemeliharaan Taman Sribaduga menjadi tanggung jawab dinasnya. Taman tematik multifungsi ini memang sudah butuh perhatian. Apalagi sejak pembangunannya selesai pada 2014 lalu, belum ada perbaikan lagi yang dilakukan pemerintah.

Sebenarnya, sambung dia, jika berbicara dari sisi keamaman, seluruh fasilitas di Taman Sribaduga ini sudah perlu direvitalisasi seluruhnya. Terutama, komponen-komponen yang selama ini bersentuhan langsung dengan air situ.

“Kalau berbicara perbaikan, memang sudah harus direvitalisasi. Pertama kan sudah lama sekali pipa-pipa dan tiang penyangga panggung di tengah situ terendam air. Khawatir korosi kan, nanti ambruk. Atau pipa yang menahan tekanan airnya pecah,” tambah dia.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Irfan Suryana menuturkan, pihaknya masih belum berani mengambil resiko mengoperasionalkan pertunjukan air mancur menari di Taman Sribaduga. Pasalnya debit air di Situ Buleud terus menyusut.

“Kondisi air di Situ Buleud sedang tak memungkinkan. Kami tidak mau ambil resiko. Jika kita paksakan saat debit air kurang, khawatir malah merusak komponen-komponen yang mengoperasikan air mancur,” ujar Irfan.

Irfan tidak dapat memastikan sampai kapan penutupan sementara ini akan berlangsung. Pihaknya hanya bisa menunggu sampai debit air kembali mencapai batas normal sehingga air mancur bisa kembali beroperasi seperti biasa.

“Kami mohon maaf, untuk sementara waktu Air Mancur di Taman Sri Baduga tidak beroperasi dulu.‎ ‎Belum tahu sampai kapan. Nanti ada pemberitahuan selanjutnya. Yang jelas, kalau debit air sudah kembali normal, kami akan kembali membukanya,” pungkasnya. (Asep Mulyana)

Loading...