Pemkot Bogor Segera Realisasikan Kawasan Ekowisata Situ Gede

Pemkot Bogor Segera Realisasikan Kawasan Ekowisata Situ Gede
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Pemerintahan Kota (Pemkot) Bogor terus berjuang meminta bantuan dari Pemprov Jabar untuk menyulap Situ Gede menjadi kawasan ekowisata. 

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, pihaknya akan mendapatkan Rp5-25 miliar. Bantuan tersebut sejauh ini masih dalam proses realisasi. Dia mengakui, masih ada beberapa kali pertemuan lagi dengan Pemprov Jabar yang intinya bertujuan untuk sinkronisasi rencana teknis Pemkot Bogor dan Pemprov Jabar. 

"Jadi, nantinya Situ Gede ini jadi kawasan wisata terpadu. Artinya, Kota Bogor akan mempunyai tujuan wisata alternatif," kata Dedie, Minggu (15/9/2019).

Dia menegaskan, perencanaan ekowisata Situ Gede itu tidak bisa dilakukan sepotong-sepotong. Untuk itu, perencanaan disesuaikan dengan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Bogor.

"Sudah disesuaikan. Memang membutuhkan dana yang cukup besar," tambahnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan kawasan Situ Gede akan dikembangkan menjadi pusat ekowisata. Nantinya, di danau itu akan dibangun masjid terapung plus lintasan olahraga.

"Penataan kawasan Situ Gede masih terus dimatangkan, Pemprov Jabar juga sudah meninjau lokasi. Kemungkinan akan dibangun pada 2020," ujar Bima.

Kendati akan dibangun dengan anggaran APBD Provinsi Jawa Barat, Pemkot Bogor juga akan menganggarkan penataan kawasan Situ Gede tersebut. Anggaran difokuskan pada pembebasan tanah, perluasan lahan, dan akses sarana parkir.

"Intinya, kami ingin kawasan Situ Gede bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Selain pembangunan infrastruktur, kami ingin Situ Gede bisa jadi pusat wisata pertanian, wisata air, dan wisata kampung budaya. Semua sedang kami matangkan," tambahnya.

Terpisah, Camat Bogor Barat Pupung W Purnama mengatakan pihaknya bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata rampung menyusun proposal tentang penataan kawasan Situ Gede. Pupung berharap, penataan itu pun bisa meningkatkan taraf perekonomian warga sekitar.

"Potensi Situ Gede cukup besar, kami berharap keberadaan Situ Gede bisa lebih dirasakan manfaatnya untuk masyarakat," pungkasnya. (Rizki Mauludi)

Loading...