Formi Siap Hidupkan Olahraga dan Seni Tradisional KBB

Formi Siap Hidupkan Olahraga dan Seni Tradisional KBB
Ketua Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Bandung Barat Usep Sukarna. (Agus SN)

INILAH, Ngamprah - Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tentunya menjadi momentum istimewa bagi seluruh pegiat olahraga di Indonesia. 

Tak terkecuali dengan olahraga dan seni tradisional yang kini hampir punah dan tergerus di era digitalisasi. Sikap apatis masyarakat untuk melestarikan olahraga dan seni tradisional ini tidak terlepas dari dampak teknologi terutama gawai. 

Ketua Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Bandung Barat Usep Sukarna mengatakan, dengan hadirnya Formi di Kabupaten Bandung Barat, pihaknya merencanakan tentang bagaimana seni tradisional dan olahraga tradisional bisa di tingkatkan Kabupaten Bandung Barat. 

"Salah satu strategi kami adalah ikut andil dalam Haornas ini untuk kembali mengingatkan sekaligus memperkenalkan seni dan olahraga tradisional. Kemudian, selepas jumat kita akan menghadirkan beberapa seni dan olahraga tradisional antara lain  pencak silat, barongsai dan lain lain,"Kata Usep usai mendampingi Bupati Barat pada peringatan Haornas, di Lapang Mekarsari, Komplek Pemda Bandung Barat, Jumat (13/9). 

Usep mengungkapkan, kedepan pihaknya akan merangkul beberapa paguron-paguron pencak silat di Bandung Barat sebagai misi untuk membangkitkan seni tradisonal. 

"Formi ini harus bisa memperlihatkan pada masyarakat Bandung Barat, bahwa Formi itu ada dan sekarang harus berkreasi dan harus bisa mengajak seluruh masyarakat Bandung Barat tentang bagaimana kita bisa memasyarakatkan olahraga, dan mengolahragakan masyarakat,"ungkap Usep. 

Usep menambahkan, program kedepan Formi mulai mendata dan mulai berkoordinasi dengan indoor, serta mulai menata seni dan olahraga tradisional yang ada di Kabupaten Bandung Barat. 

"Kita harus turun kelapangan untuk melakukan sosialisasi untuk bisa mengingatkan seni dan olahraga tradisional yang hampir hilang ditelan teknologi," tandasnya. (Agus SN)

Loading...