Kirab Budaya HUT ke-386 Kabupaten Karawang Berlangsung Meriah

Kirab Budaya HUT ke-386 Kabupaten Karawang Berlangsung Meriah
istimewa

INILAH, Karawang - Ribuan masyarakat memadati area acara Kirab Budaya dalam rangka Perayaan HUT ke-386 Kabupaten Karawang. Aleut-aleutan massa itu tampak di sepanjang Jalan Tuparev-Kertabumi, Sabtu (14/8/2019) malam. 

Tahun ini, Pemkab Karawang mengambil tema Jaya, Mulia, dan Tohaga (Jamuga) yang berarti Karawang menuju kejayaan, menuju kemuliaan, dan menuju kekokohan. 

Dalam sambutannya, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kabupaten Karawang yang hadir dan turut memeriahkan acara kirab budaya. 

Menurutnya, kirab budaya ini juga menjadi ajang serta momentum bagi masyarakat Karawang untuk saling bersilahturahmi serta momentum masyarakat bertemu dengan para pejabat serta wakil rakyatnya. 

Tak hanya itu, perhelatan akbar itu juga memperkenalkan sejumlah kebudayaan Karawang. Sehingga, masyarakat secara umum bisa mengenal dan mengetahui bahwa kebudayaan Karawang sangat banyak dan bernilai. 

"Kita harus apresiasi terhadap para pegiat budaya dan kesenian dari Karawang. Hadir beberapa perwakilan dari sejumlah daerah dan luar negeri. Ini kesempatan kita memperkenalkan budaya ke tingkat nasional dan internasional," ujar Cellica. 

Kirab budaya tersebut diawali dengan kedatangan Bupati bersama rombongan dari unsur Forkopimda Kabupaten Karawang dan seluruh anggota DPRD Karawang dengan menggunakan kereta kencana. Mereka berangkat dari Kantor Pemkab Karawang. 

Lalu, Bupati beserta rombongan berhenti di Klenteng Bio Kwan Tee Koen atau di depan Toko Eng Siu Tong dan berjalan kaki sejauh kurang lebih satu kilometer ke panggung utama yakni di depan Pos Polisi Alun-alun Karawang. 

Di tengah-tengah lokasi, acara diawali dengan tarian Pagelaran Sendra Tari berjudul Karawang Jamuga. Tarian tersebut berkisah tentang sejarah awal  mula berdirinya Karawang dengan mengambil latar perjuangan Raden Wiraperbangsa melawan Raden Nagaragan. 

Kirab Budaya diikuti 52 peserta dengan berbagai macam penampilan kebudayaan dan kesenian. Acara ini berlangsung selama lebih dari tiga jam. Meski hingga larut malam, warga tetap antusias untuk hadir dan meramaikan. (Adv)

Loading...