Wagub Jabar Ingin Lulusan STP Bandung Jadi Lokomotif Pariwisata Indonesia

Wagub Jabar Ingin Lulusan STP Bandung Jadi Lokomotif Pariwisata Indonesia
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di acara wisuda tahun 2019 STP Bandung, Senin (16/9/2019). (Antara)

INILAH, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat berharap lulusan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung menjadi pendorong lokomotif pembangunan pariwisata Indonesia, khususnya Jawa Barat.

"Mudah-mudahan SDM (sumber daya manusia) hebat yang dimiliki STP mampu menjadikan Jabar sebagai provinsi pariwisata," kata Uu usai menghadiri Acara Wisuda STP Bandung Program Pascasarjana, Sarjana, Diploma IV, dan Diploma III Tahun 2019 di STP Bandung, Kota Bandung, Senin (16/9/2019).

Menurut Uu, pengembangan pariwisata menjadi salah satu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dalam pembangunan. Tujuannya, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat.

Apalagi, kata Uu, Jabar memiliki potensi wisata yang besar di setiap daerahnya. Maka itu, ada tiga langkah yang mesti ditempuh untuk mengembangkan kepariwisataan Jabar.

"Pertama, perbaikan sarana penunjang ke obyek wisata; kedua, membangun kawasan wisata baru, dan mendorong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di berbagai daerah," ucapnya.

"Kang Emil (Gubernur Jabar) sudah memerintahkan saya untuk mencari wisata di desa-desa yang belum berkembang, namun berpotensi untuk dikembangkan. Lalu, kami kembangkan dan berikan dananya," tambahnya.

Uu mengatakan, hal tersebut menunjukkan keseriusan Pemprov Jabar guna menjadi provinsi pariwisata. "Artinya, kami tidak main-main meningkatkan pariwisata," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Uu juga mengapresiasi STP Bandung yang telah menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan, sehingga wisudawan bisa langsung bekerja. Kali ini, STP Bandung mewisuda 28 pascasarjana, 60 sarjana, 191 Diploma IV, dan 331 Diploma III.

"STP sudah melakukan itu berarti sudah mengakselerasi visi misi kami, yakni berkolaborasi. Selamat kepada para wisudawan mudah-mudahan menjadi orang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," kata Uu. (ant)

Loading...