Pemerintah Prediksi Krisis Ekonomi Global Terjadi dalam Waktu Dekat

Pemerintah Prediksi Krisis Ekonomi Global Terjadi dalam Waktu Dekat
Mentri perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita saat mengisi kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia, Bandung, Senin (16/9/2019). (Foto: Syamsuddin Nasoetion)

INILAH, Bandung - Pemerintah Indonesia melalui Mentri perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita memprediksi bahwa dunia akan mengalami krisis ekonomi dalam waktu satu hingga satu setengah tahun kedepan.

Demikian disampaikan Enggar, saat mengisi kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia, Bandung, Senin (16/9/2019).

"Secara relatif krisis ekonomi dunia satu hingga satu setengah tahun kedepan itu sudah meningkat. Sekarang sudah mulai terjadi perlambatan-perlambatan," ucap Enggar

Lebih lanjut, Enggar mengatakan, saat ini harga emas sedang tinggi, belum lagi diperparah dengan 50 persen cadangan minyak Arab meledak. Hal ini jelas berdampak pada harga minyak dunia.

"Meledaknya 50 persen cadangan minyak Arab, kemungkinan harga minyak naik, dampaknya buat Arab adalah devisit," ujar Enggar.

Oleh karena itu, Enggar menyebutkan, Indonesia dalam waktu dekat harus membuat langkah taktis, seperti membuat pasar dalam negri yang di iringi dengan meningkatkan daya beli masyarakat Indonesia

"Kita net importir, kita harus cepat buat akses pasar baru internal atau dalam negri. Selain itu harus terisis produk dalam negri juga," pungkasnya. (Ridwan Abdul Malik)

Loading...