Menpar Arief Yahya Resmikan Enhaii Corner 186

Menpar Arief Yahya Resmikan Enhaii Corner 186
Menteri Pariwisata Arief Yahya resmikan Enhaii Corner 186 saat pelaksanaan wisuda tahun 2019 STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) NHI Bandung. (Suro Prapanca)
Menpar Arief Yahya Resmikan Enhaii Corner 186

INILAH, Bandung - Menteri Pariwisata Arief Yahya resmikan Enhaii Corner 186 saat pelaksanaan wisuda tahun 2019 STP (Sekolah Tinggi Pariwisata) NHI Bandung di Dome Malabar, Jalan Dr Setiabudhi 186, Kota Bandung, Senin (16/9/2019).

“Sekarang saya meresmikan NHI Corner, apa itu? Ini adalah wadah untuk praktiknya mahasiswa untuk berwirausaha. Karena saya minta sepuluh persen lulusan perguruan tinggi pariwisata harus jadi entrepreneur,” kata Arief Yahya.

Dia menambahkan, untuk STP Bandung lulusan sudah bagus, menjadi entrepreneur mencapai 21 persen, lebih dari target yang ditentukan, yaitu 10 persen. Untuk itu harus ada dua hal besar, kurikulumnya entrepreneur sudah bekerja sama dengan SBM ITB dan juga ada tempat praktiknya.

Untuk praktiknya, sekarang sudah dibuka ada 7 corner yang sebagian besar memang usaha kuliner, dengan salah satunya berupa food truck, yang akan mangkal di SMAK 1 dan sudah ditawari oleh Dinas Pariwisata Jawa Barat.

Tapi poin saya, anak-anak (mahasiswa) harus disiapkan tempat untuk merealisasikan mimpinya menjadi entrepreneur. Saya mohon kepada perusahaan-perusahaan mau memberikan CSR-nya untuk anak-anak muda ini kita akan sangat berterima kasih. Sementara ini sudah ada dua perusahaan yang mendukung dan bekerja sama yaitu Angkasa Pura II dan Bank Rakyat Indonesia.

Dalam rangka mendukung program Kementrian Pariwisata yakni mengembangkan entrepreneur di bidang pariwisata, STP NHI Bandung turut berkontribusi dengan menciptakan UPA (Unit Practice   Assessment) Enhaii Corner 186 bagi mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan dan telah mengikuti inkubasi di Enhaiipreneur Center.

Program pembentukan UPA merupakan salah satu usaha yang di lakukan STP NHI Bandung di dalam mencapai target 10% dari lulusan setiap tahunnya, dan pada kesempatan kali ini Menteri Pariwisata RI meresmikan Grand Launching Enhaii Corner 186  dengan harapan dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa yang ingin berwirausaha khususnya di bidang pariwisata.

Pengalaman praktik berbisnis secara nyata akan menjadi pengalaman serta pembelajaran yang sangat berarti bagi mahasiswa. Kehadiran Enhaii Corner 186 di STP NHI Bandung sebagai UPA, merupakan suatu terobosan baru yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain.

Sebagai institusi tertua, terdepan dan terbaik, maka dituntut untuk terus melakukan inovasi dan terobosan dalam penguatan institusi STP NHI Bandung.

Saat ini, STP NHI Bandung sedang on progress merealisasikan arahan Menteri Pariwisata dalam meningkatkan reputasi menjadi menjadi the Global Player dengan CWUR Ranking by Subject in Hospitality, Leisure, Sport and Tourism dengan kriteria: Research Publication and Citation, Award by Faculty/Alumni, Academic Quality and Patens Field. 

Salah satu yang menjadi fokus tantangan adalah pada Research Publication and Citation dan Patens Field. (sur)

Loading...