Jaga Trantibum, Satpol PP Purwakarta Perkuat Peran Satuan Linmas

Jaga Trantibum, Satpol PP Purwakarta Perkuat Peran Satuan Linmas
Foto: Asep Mulyana

INILAH, Purwakarta - Satpol PP Kabupaten Purwakarta kini gencar melakukan pembinaan terhadap satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Tujuannya, guna meningkatkan peran dan kemampuan lebih dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) di masyarakat.

Kabid Linmas Satpol PP Purwakarta Bayu Permadi menuturkan, satuan Linmas selama ini memiliki peran penting, terutama bagi masyarakat di wilayah pedesaan. Tak hanya itu, mereka juga diberi tanggung jawab untuk membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya. Semisal, dalam hal penanggulangan bencana dan menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban.

"Peran Linmas sangat membantu pemerintah. Makanya, saat ini kami berupaya meningkatkan kembali kualitasnya, baik dari sisi kedisipilan hingga loyalitas terhadap keamanan negara," ujar Bayu kepada INILAH, Selasa (17/9/2019).

Bayu mengatakan, tujuan lain peningkatan kualitas petugas Linmas ini, juga untuk mengubah citra yang selama ini disematkan kepada mereka. Mereka hanya dianggap bertugas jika terdapat hajatan saja.

"Untuk diketahui, peran Linmas bukan hanya sebatas bertugas saat ada hajatan saja. Tapi, ada peran lain yang lebih utama. Imej seperti ini yang harus dihilangkan," ucapnya.

Bayu menjelaskan, di wilayahnya saat ini ada sebanyak 2.880 petugas Linmas. Dengan rincian, setiap desa terdapat 15 orang. Selama ini, mereka bertugas dan loyal untuk membantu kegiatan desa dan lingkungan masing-masing.

"Pembinaan ini juga termasuk persiapan menjelang pemilihan kepala desa serentak di 2020 mendatang. Dalam hal ini, peran Linmas sangat dibutuhkan," tambahnya.

Dia menambahkan, kini pihaknya membentuk pasukan khusus dari satuan Linmas. Ada sekitar 40 personel dalam pasukan ini. Namun untuk pasukan khusus Linmas ini, baru ada di wilayah kecamatan kota.

"Baru dibentuk di wilayah kota. Tapi tak menutup kemungkinan akan kami bentuk juga di kecamatan-kecamatan lainnya," kata dia. (Asep Mulyana)

Loading...