DPRD Jabar Setujui BJ Habibie Jadi Nama BIJB

DPRD Jabar Setujui BJ Habibie Jadi Nama BIJB

INILAH, Bandung - Anggota DPRD Jabar setuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati berganti nama menjadi Bandara BJ Habibie. Diketahui, usulan tersebut menyeruak setelah ramai-ramai masyarkat menandatangani petisi secara online melalui portal change.org.

Anggota DPRD Jabar Dadang Supriatna menilai, sosok presiden ke-3 RI tersebut memang sangat pantas disematkan untuk nama BIJB. 

"Sangat layak nama Habibie digunakan untuk BIJB. Itu tak lepas dari sejarah torehan tinta emasnya di Jabar," ujar Dadang, Selasa (17/9/2019).

Untuk itu, legislator asal Partai Golkar itu pun setuju atas adanya petisi yang digulirkan pada portal tersebut. Bahkan, dia sendiri mengaku siap untuk ikut serta mendukung usulan itu. 

Sebab, BJ Habibie memiliki jasa yang cukup besar terhadap sektor kedirgantaran di Indonesia. Salah satunya melalui pembangunan Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang kini berubah nama menjadi PT Dirgantara Indonesia.

"Saya pribadi siap menandatangani dan mendukungnya terhadap keinginan petisi masyarakat Jabar yang menginginkan perubahan (nama) ini," katanya.

Senada dengan itu, anggota DPRD Jabar Kasan Basari mengaku siap memberikan dukungan untuk mengabadikan nama BJ Habibie di Jabar.  Hal itu sebagai bentuk penghormatan kepada bapak teknologi tersebut. 

"Ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap guru bangsa, yang sangat berjasa menorehkan nama di kancah Internasional di bidang ke dirgantaraan," ujar legislator asal Pasrtai Gerindra itu.

Menurutnya, Habibie memiliki kenangan kepada Provinsi Jawa Barat. Mengingat mendiang menghabiskan masa remajanya di Kota Bandung saat mengenyam bangku pendidikan di SMAK Dago dan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

"Beliau sosok anak yang di besarkan di tanah Pasundan walau lahir di Pare-pare (Sulawesi Selatan), tapi besar dan sekolah di Bandung sejak SMP hingga ke jenjang Perguruan Tinggi," pungkasnya. (Rianto Nurdiansyah) 

Loading...