Kejar Kabupaten Layak Anak, Garut Siapkan 63 Puskesmas Ramah Anak

Kejar Kabupaten Layak Anak, Garut Siapkan 63 Puskesmas Ramah Anak
Foto: Zainulmukhtar

INILAH, Garut - Pemkab Garut menyiapkan sebanyak 63 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kabupaten Garut menjadi Puskesmas layak anak.

Hal itu sebagai upaya meningkatkan nilai pencapaian indikator Kabupaten Layak Anak untuk mewujudkan Kabupaten Garut sebagai Kabupaten Layak Anak.

Sebanyak 134 tenaga kesehatan terdiri atas para kepala Puskesmas, dan tenaga kesehatan lainnya pun diikutsertakan Pelatihan Rintisan Puskesmas Ramah Anak digelar Dinas Pengelolaan Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Kabupaten Garut di Hotel Suminar, Selasa (17/9/2019).

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, Puskesmas ramah anak yang dirintis saat ini tidak hanya menyediakan tempat bermain bagi anak saja. Melainkan, tempat itu harus menjadikan Puskesmas sahabat anak yang menyenangkan.

"Saat datang ke Puskesmas, si anak tidak lagi takut atau malu untuk berobat dan konsultasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah kesehatan reproduksi dan bahayanya," kata Rudy.

Peran Puskesmas diakuinya sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kesehatan prima bagi anak korban kekerasan. Terlebih, kasus kekerasan terhadap anak di Kabupaten Garut terbilang tinggi.

Rudy menyebutkan, berdasarkan laporan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Garut, sebanyak 70% dari kasus kekerasan terjadi di Garut berupa kekerasan terhadap anak. Hampir 100% kekerasan tersebut tergolong kasus kekerasan seksual. (Zainulmukhtar)

Loading...