Peringati Hari Perhubungan Nasional, Trayek Angkot Baru Siap Beroperasi di Cimahi

Peringati Hari Perhubungan Nasional, Trayek Angkot Baru Siap Beroperasi di Cimahi
Peringati Hari Perhubungan Nasional 2019, Pemerintah Kota Cimahi resmikan trayek baru angkutan umum. (Agus SN)

INILAH, Cimahi - Peringati Hari Perhubungan Nasional 2019, Pemerintah Kota Cimahi resmikan angkutan kota (angkot) trayek Cimindi-Citeureup di halaman Apartemen The Edge, Jalan Baros, Cimahi, Selasa (17/9/2019).

Peresmian trayek baru ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan akses masyarakat di bidang transportasi umum. 

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengatakan, pihaknya berterima kasih pada Dinas Perhubungan darat dan Damri yang telah membantu dan memberikan fasilitas dan pelayanan pada masyarakat kota Cimahi dan sekitarnya terutama saat ada kepentingan yang berkaitan dengan keberadaan bandara BIJB. 

"Dengan diresmikan Damri di Cimahi dalam sehari akan ada beberapa rute dan ini digratiskan selama satu tahun," kata Ajay. 

Selain itu, kata Ajay, dalam momentum ini pihaknya juga meresmikan trayek angkot baru untuk membantu mengurai kemacetan di Cimahi.

"Dengan adanya moda transportasi umum ini, menjadi alternatif tambahan bagi masyarakat agar bisa beralih dari kendaraan pribadi," katanya. 

Ajay melanjutkan, ada 15 unit kendaraan yang telah disiapkan. Menurutnya, trayek baru ini dinilai akan menunjang akses untuk menuju pelayanan terbaru yakni Mal Pelayanan Publik (MPP) dan ke kantor Pemkot Cimahi. 

"Kehadiran trayek ini harus mampu menghilangkan stigma negatif masyarakat terhadap angkot yang suka ngetem lama dan berhenti di mana saja," tuturnya. 

Sementara itu, Direktur Keuangan Damri Sri Purwanto mengatakan, sekarang Damri membuka layanan dari Cimahi-Kertajati sesuai permintaan masyarakat. 

"Damri sudah membuka layanan untuk BIJB Kertajati di Bandung, Tegal, Cirebon, Karawang, dan sekarang Cimahi," kata Sri Purwanto. 

Dia menjelaskan, pihaknya saat ini telah menyediakan empat unit armada dengan keberangkatan sebanyak lima kali per hari mulai pukul 02.00-14.00 WIB dengan rentang waktu keberangkatan setiap tiga jam. "Jika permintaan masyarakat terus meningkat, kita akan tambah jam keberangkatan," jelasnya. 

Lebih jauh Sri Purwanto memaparkan, Damri menawarkan kenyamanan hingga efektif, efisien, dan ekonomis. "Sampai akhir tahun 2019 ini kita akan gratiskan, kalaupun sudah ada tarif kami lebih terjangkau. Tidak perlu biaya besar dibanding bawa kendaraan sendiri sampai ke Kertajati," paparnya. 

Sri Purwanto mengaku, dalam masa sosialisasi seperti saat ini , daya angkut Damri Cimahi-BIJB Kertajati masih sedikit.

"Jumlah penumpang masih sedikit. Oleh karena itu, melalui peresmian ini kita terus tingkatkan sosialisasi agar masyarakat tahu dan berminat naik Damri ke BIJB Kertajati," ujarnya. (Agus SN)

Loading...