Apa Kejutan The Fed Kali Ini?

Apa Kejutan The Fed Kali Ini?
Foto: Net

INILAH, Newe York - Setelah enam minggu mengalami perubahan pasar, Federal Reserve akan bertemu dalam periode yang relatif tenang, setidaknya jika Anda tidak menghitung presiden yang menembakkan kritikan.

Saham dan imbal hasil obligasi telah meningkat. Imbal hasil Treasury 10-tahun TMUBMUSD10Y, -0,29% telah melihat kenaikan tertajam sejak 2013.

The Fed diperkirakan akan memangkas suku bunga acuan sebesar seperempat poin persentase ke kisaran 1,75% -2% ketika menyimpulkan pertemuan dua hari pada hari Rabu. Itu akan menjadi pemotongan tingkat kedua musim panas.

Bicara tentang darurat setengah dari penurunan poin persentase telah mereda diberikan tanda-tanda pertumbuhan ekonomi AS stabil dan inflasi meningkat. Namun, itu tidak terjadi dengan presiden. Mengutip, antara lain, apa yang ia sebut "hit Minyak," Trump tweeted baru-baru ini Senin: "Penurunan Besar Suku Bunga, Stimulus!"

Pasar telah memberi harga pada pemotongan seperempat poin lagi pada pertemuan Fed Desember, menurut alat FedWatch CME Group seperti mengutip marketwatch.com.

Pemotongan seperempat poin akan menjadi "menguap." Apa yang akan lebih menarik adalah jika The Fed memberikan petunjuk tentang apa yang akan terjadi selanjutnya, kata Avery Shenfeld, kepala ekonom di CIBC Capital Markets.

Inilah yang akan ditunggu oleh para ekonom dan investor.

Akankah ada sinyal yang jelas akan pemangkasan suku bunga lagi tahun ini?

Para ekonom terbagi dalam hal ini. Tempat terbaik untuk sinyal pemangkasan lain adalah di "dot plot" di mana pejabat Fed memberikan perkiraan individu mereka sendiri di mana tingkat suku bunga seharusnya.

Tetapi agar titik tengah menunjukkan penurunan suku bunga lagi, banyak pejabat Fed harus secara dramatis menurunkan proyeksi suku bunga mereka sendiri. Itu pertanyaan besar karena delapan pejabat Fed bahkan tidak memproyeksikan satu pemotongan suku bunga pada bulan Juni.

Scott Anderson, kepala ekonom di Bank of the West, mengatakan dia mengharapkan dot plot untuk memproyeksikan pemotongan seperempat poin lagi pada 2019.

Jika dot plot tidak memproyeksikan pelonggaran lebih lanjut, tugas mungkin jatuh ke Powell untuk membiarkan pintu terbuka untuk pemotongan lain ketika ia berbicara kepada wartawan.

Secara umum, Powell diharapkan untuk berpegang pada pesan Juli bahwa Fed berada di jalur pelonggaran "moderat", kata David Wilcox, mantan staf Fed terkemuka dan sekarang seorang rekan senior di Peterson Institute for International Economics.

Powell menggunakan frasa "koreksi tengah jalan" pada bulan Juli tetapi mungkin membatalkannya. Apapun kata-kata yang dia pilih, Ketua The Fed mencoba untuk mengkomunikasikan ekonomi tidak dalam pergolakan resesi di mana bank sentral harus menggunakan "setiap bagian dari artileri dalam arsenalnya," kata Wilcox.

Data ekonomi yang baik dan kenaikan imbal hasil obligasi hanya membuat sebagian kecil mendukung kenaikan suku bunga. Empat presiden Fed regional keberatan dengan penurunan suku bunga pada bulan Juli. Dua presiden - Presiden Fed Boston Eric Rosengren dan Presiden Fed City Kansas Esther George - adalah pemilih dan berbeda pendapat.

Mereka akan melakukannya lagi pada bulan September, kata Diane Swonk, kepala ekonom di Grant Thornton. Ekonom tidak berpikir akan ada perbedaan pendapat yang mendukung pemotongan setengah poin, meskipun Presiden Fed St. Louis James Bullard mendesak komite untuk memotong secara agresif. (INILAHCOM)

Loading...