Mazda Siapkan SUV Listrik di Tokyo Motor Show 2019

Mazda Siapkan SUV Listrik di Tokyo Motor Show 2019
Ilustrasi/Net

INILAH, Tokyo - Mazda siap mengungkap konsep mobil listrik terbarunya di ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019 yang dihelat bulan depan.

Mengutip AutoNews, juru bicara Mazda, Yoshikazu Nagai, menyatakan bahwa sejumlah prototipe mobil listrik akan tersedia di pameran otomotif itu untuk siap untuk dijajal. Salah satu dari prototipe ini kabarnya akan menggunakan bodi crossover CX-30 tetapi dikombinasikan arsitektur EV baru di bawahnya.

Meski demikian, Nagai menegaskan bahwa kendaraan itu akan menjadi 'model baru' dan bukan hanya CX-30 yang menggunakan motor listrik.

Dilaporkan bahwa prototipe yang hadir di Tokyo Motor Show ini akan menampilkan paket baterai 35,5 kWh dan motor listrik tunggal yang bagus dengan tenaga mencapai 142 HP dan torsi 195 lb-ft (264 Nm).

Dengan baterai yang kecil, kemungkinan jangkauan mobil ini mencapai 161 kilometer hingga 241 kilometer, kira-kira setara dengan Mini Cooper SE baru.

AutoNews melaporkan bahwa nantinya mobil ini akan dijual dengan kedok all-electric dan range-extender. Yang pertama akan menargetkan pasar seperti Jepang, Eropa dan China, sedangkan yang kedua akan ditujukan ke Amerika, di mana pelanggan biasanya mengharapkan jangkauan yang lebih besar dari kendaraan listrik mereka.

Mobil ini pun bisa saja menjadi salah satu fitur mesin rotary baru yang telah dikembangkan Mazda selama beberapa tahun terakhir untuk bertindak sebagai range-extender.

Mobil konsep Mazda ini dikabarkan akan diluncurkan tahun depan sebagai produksi massal.

Artinya mobil ini akan lepas atau terpisah dari proyek pengembangan yang dilakukan pembuat mobil bersama Toyota, Subaru, dan Suzuki sebagai bagian dari konsorsium kendaraan listrik mereka. [inilahcom]