SDIT Al-Irsyad Kenalkan Siswa pada Alat Musik Drumband 

SDIT Al-Irsyad Kenalkan Siswa pada Alat Musik Drumband 
Drumband merupakan satu dari belasan ekstrakurikuler (ekskul) yang ada di SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung. (Okky Adiana)

INILAH, Bandung - Drumband merupakan satu dari belasan ekstrakurikuler (ekskul) yang ada di SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung. Lagu-lagu yang kerap kali mereka mainkan adalah tentang keislaman. Seru, menghibur, dan menyenangkan.

Seperti tak mau tertinggal dengan sekolah-sekolah lain pada umumnya, SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung memiliki sejumlah ekskul yang bisa memompa sejumlah siswanya, Sebut saja ekskul Drumband yang memfokuskan diri pada bidang seni.

"Ekskul Drumband ini sebagai media syiar. Misinya, selain mengasah kemampuan motorik, siswa juga bisa mengenal musik yang diaransemen, bernafaskan nilai-nilai keislaman, makanya lagu-lagu yang dimainkan juga lagu Islami," kata Wakasek Kesiswaan SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah, Bandung, Muhammad Darmadi, kepada INILAHKORAN, Jumat (20/9/2019).

Dia mengatakan, ekskul Drumband yang ada di sekolahnya cukup aktif dan memiliki kegiatan yang jelas. Siswa yang tercatat sebagai anggota, sepekan sekali mereka akan melaksanakan sesi latihan. Tempatnya pun tak begitu jauh, masih di seputaran lingkungan sekolahnya.

"Latihan rutin seminggu sekali, setelah selesai KBM. Kami punya empat pelatih khusus dari luar sekolah," ujar Darmadi.

Ekskul Drumband SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Bandung, merupakan satu dari belasan ekskul yang ada di sekolah tersebut. Ekskul ini diwajibkan bagi siswa kelas empat. Kendati begitu, tak menutup kemungkinan bagi siswa kelas lima atau enam yang tertarik untuk bergabung.

"Kita ingin memfasilitasi anak-anak kelas empat. Mereka ini kan ada di level atas dan bawah, ini buat ruang ekspresi bagi anak-anak," ucapnya.

Soal fasilitas, Darmadi menyebutkan, saat ini pihaknya sudah memiliki fasilitas yang cukup mendukung. Mulai dari peralatan seperti, perlengkapan drum, panica, dan lainnya. Dalam hal ini, pihak sekolah memang memberikan dukungan yang tinggi kepada setiap ekskul yang ada di sekolahnya ini. 

"Alhamdulillah, pihak sekolah mendukung penuh," ujar Darmadi. Dia berharap, keberadaan ekskul Drumband ini bisa dimanfaatkan betul oleh siswa untuk menggali potensinya masing-masing.

Selain itu, ekskul ini bisa membangun nilai-nilai keindahan dalam jiwa anak. "Karena ini nilai Islam, jadi nilai-nilai keislaman ini bisa mereka pelajari," tambahnya.

Seperti diketahui, drumband adalah sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik. Bisa berupa alat musik tiup, perkusi, dan sejumlah instrumen pit secara bersama-sama. (Okky Adiana)

Loading...