Basarnas Ikut Aksi Bersih Laut Dukung HUT Ke-74 TNI

Basarnas Ikut Aksi Bersih Laut Dukung HUT Ke-74 TNI
Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Jumat. (Antara)

INILAH, Ambon - Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ambon menurunkan sejumlah personelnya untuk turut serta dalam aksi bersih laut di sepanjang pesisir Desa Hative, Kecamatan Teluk Ambon menyongsong HUT ke-74 TNI tanggal 5 Oktober 2019.

"Kegiatan yang diadakan pada hari Jumat (20/09) di Teluk Ambon Hative yaitu gerakan bersih-bersih pantai yang diadakan oleh Pangdam XVI/Pattimura," kata Kepala Kantor Basarnas Ambon, Muslimin di Ambon, Jumat.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan ini antara lain dari instansi pemerintah, masyarakat setempat, murid-murid sekolah dasar beserta para guru mereka, dan personel Kodam.

Kantor Basarnas Ambon juga melibatkan ibu-ibu Darma Wanita Persatuan (DWP) UP Ambon dipimpin Ketua DWP setempat, Andi Hidayani Muslimin.

"Pada saat penutupan acara bersih pantai itu, saya ingatkan kalau yang terpenting adalah mengajak seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat apalagi di laut," kata Muslimin.

Menurut dia, laut bukanlah media yang dijadikan sebagai tempat pembuangan akhir sampah oleh siapapun sehingga harus tetap dijaga kebersihan dan kelestariannya.

Kegiatan aksi bersih sampah di laut ini juga telah dilakukan Kantor  Basarnas Ambon menjelang perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2019 kemarin.

Aksi bersih pantai dan laut ini dilalukan sesuai surat Pemprov Maluku nomor 536/2718/ VIII/2019 tanggal 15 Agustus 2019 perihal dukungan sarana transportasi laut.

Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur dari Kantor SAR Ambon, KP3, Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi, Balai Budidaya Laut, BPPP, PLTD Poka dan Galala, maupun para karyawan dari Terminal BBM Wayame Ambon.

Semua unsur yang terlibat dalam kegiatan ini melakukan pembersihan dari tepi pantai di sekitar bawah Jembatan Merah Putih hingga ke tengah laut di dalam perairan Teluk Ambon. (Antara)

Loading...