Bekasi Siap Bangun Fasilitas Park and Ride

Bekasi Siap Bangun Fasilitas Park and Ride
Ilustrasi (Antara)

INILAH, Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, siap membangun fasilitas park and ride dengan dibantu anggaran yang bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  2020.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahjono di Bekasi, Sabtu,  mengatakan lahan yang telah disiapkan untuk pembangunan fasilitas park and ride berada di dekat Gedung PMI Kota Bekasi, Jalan Veteran, Bekasi Selatan, yang dekat dengan Stasiun Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi juga menyiapkan dua lahan lain serupa di area GOR Kota Bekasi dan Stasiun Bekasi Timur. "Ya minimal  dekat dengan perjalanan yang paling besar yaitu ada di stasiun kereta api," katanya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Deded Kusmayadi mengatakan realisasi pembangunan fasilitas park and ride pada  2020 adalah di titik area markas PMI Kota Bekasi.

"Mungkin karena anggarannya makanya baru direalisasikan satu park and ride, karena cukup besar itu sekitar Rp70 miliar anggaran yang dibutuhkan untuk satu lokasi saja," katanya.

Menurut dia, park and ride adalah tempat yang terintegrasi angkutan umum jadi warga memarkir kendaraan di tempat itu lalu berjalan kaki menuju moda transportasi lain.

Deded melanjutkan di area kantor PMI dekat dengan Stasiun Bekasi, Depo LRT, dan juga akan terdapat bus pengumpan Trans Patriot.

"Namun dua titik lainnya yang berada di area GOR dan Stasiun Bekasi Timur juga cukup strategis jadi masih memungkinkan berubah. Titik lain yang dinilai cocok untuk dibangun park and ride yakni di area tol Bekasi Timur," kata Deded.

Keberadaan fasilitas park and ride ini diharapkan mampu menurunkan angka kemacetan di Kota Bekasi dan DKI Jakarta secara signifikan. (Antara)

Loading...